• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Margarito Kamis: Kesaksian Ahli IT KPU Menguatkan Kubu 02!

20 June
19:39 2019
4 Votes (3.8)

KBRN, Jakarta : Penjelasan dari Ahli Bidang Teknologi Informasi, Marsudi Wahyu Kisworo mengenai Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) justru menguatkan pernyataan dan kesaksian dari ahli serta saksi yang dihadirkan oleh Tim Hukum Prabowo Subianto Sandiaga Uno.

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis menegaskan, Marsudi yang merupakan ahli yang dihadirkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku termohon itu justru mengakui bahwa Situng memanglah bermasalah.

"Dari sidang tadi adalah ada pernyataan bahwa Situng bermasalah. Memang harus diakui jujur bahwa masalah itu tidak saja merugikan Prabowo, tapi juga merugikan Jokowi-Maruf. Clear itu tadi. Tapi poin hukumnya, dalam acara setidak-tidaknya bagi seorang hakim melihat masalah itu adalah ada masalah," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (20/6/2019).

Sebelumnya, dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilu Presiden (Pilpres), di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) siang tadi, Prof Marsudi menegaskan kalau Situng tak akan bisa diretas oleh orang. Mereka kata dia hanya bisa meretas website Situng. Sekalipun website masih bisa diretas, kata dia setiap 15 menit sistem website Situng akan merefresh dan memperbaiki kesalahan itu secara otomatis.

Margarito menegaskan, penjelasan Marsudi justru memiliki kesesuaian hukum dengan keterangan ahli dan kesaksian dari kubu 02.

"Ini menguatkan (02). Dalam pengertian hukum acara pidana, menguatkan itu sama nilainya dan memberikan keyakinan kepada hakim bahwa tentang masalah itu, atau dalil itu memang ada masalah. Beralasan untuk diyakini bermasalah. Itu kata kunci," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00