• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Ahli IT KPU Sebut Website Situng Bisa Diretas

20 June
18:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipastikan sangatlah aman alias safe. Meski demikian, data yang ada di website Situng masih bisa diotak-atik oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Ahli Bidang Teknologi Informasi, Marsudi Wahyu Kisworo menegaskan foto Form C1 yang diupload dalam Situng sama sekali tidak bisa diedit sedemikian rupa oleh orang yang bukan petugas KPU yang memiliki akses.

"Kalau diedit enggak bisa," tegasnya dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilu Presiden (Pilpres), di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019).

Kata dia, sistemnya, orang yang tidak memiliki akses di Situng KPU hanya bisa mendownload foto Form C1 tersebut. Itupun hasil download-nya juga tidak akan bisa diupload lagi oleh orang yang bersangkutan.

Makanya kata dia, yang bisa mengutak-atik Form C1 yang hendak dimasukan ke dalam Situng hanyalah mereka yang punya akses. Dalam hal ini petugas KPUD yang berwenang.

"Karena kalau mau kembalikan harus masuk ke KPUD untuk upload dari KPUD. Kecuali ada oknum KPUD melakukan itu, intervensi," tegasnya.

Meski Situng terbilang sangat aman, Marsudi mengakui kalau website Situng masih bisa diretas.

"Yang bisa diedit adalah yang di web. Bukan data situng sesungguhnya. Sehingga di web siapa aja bisa. Ya artinya tetap harus punya keahlian ya. Itu bisa diubah. Tapi data yang asli tidak," ujarnya.

Sekalipun website masih bisa diretas, kata dia setiap 15 menit sistem website Situng akan merefresh dan memperbaiki kesalahan itu secara otomatis.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00