• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Ketua KPU: Orang Serang Situng Hanya Bisa Sampai 'Halaman Rumah' !

20 June
16:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman memastikan kalau Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik lembaga yang dipimpinnya sangatlah aman. Saking amannya, para peretas kata dia hanya mampu masuk ke 'halaman' Situng.

Arief menjelaskan, yang dimaksud dengan 'halaman' adalah website dari Situng itu sendiri.

"Orang bisa saja serang kita. Tapi, dia (peretas) hanya bisa serang di web Situng kita," tegasnya dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilu Presiden (Pilpres), di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019).

Ditekankannya, kalau sampai diretas, maka setiap 15 menit sistem Situng akan merefresh secara otomatis. Makanya, ditegaskannya lagi bahwa data Situng sama sekali akan pernah terganggu oleh Sang Peretas.

"Kalau saya sering bicara teman-teman media, orang banyak masuk ke halaman rumah kita, tapi tidak bisa masuk ke rumah kita," imbuhnya.

Diakui Arief sejauh ini memang ada peretas yang mencoba mengutak-atik. Namun orang itu tak berhasil melakukannya.

"Ada. Dia hanya bisa masuk di halaman kita, tidak pernah masuk di rumah kita," tegasnya.

Penegasan Arief ini sejalan dengan keterangan Ahli Bidang Teknologi Informasi, Marsudi Wahyu Kisworo dalam sidang yang sama. Yang mana Marsudi menegaskan bahwa sekalipun di bom pun data yang ada dalam Situng tetap akan aman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00