• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Jubir TKN : Keterangan Saksi 02 Tak Mampu Buktikan Kecurangan Pemilu

20 June
14:01 2019
1 Votes (2)

KBRN, Jakarta : Sidang lanjutan gugatan Pilpres 2019 kemabli digelar dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari pihak termohon yakni, Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, mengatakan, saksi yang dihadirkan tim hukum pasangan Prabowo-Sandiaga di sidang ketiga ini jauh dari opini yang berkembang.

Menurut Ace, pernyataan para saksi tersebut tidak meyakinkan untuk membuktikan tuduhan adanya kecurangan pemilu yang terstruktur, sistematis, dan masif.

“Para saksi yang dihadirkan mereka tidak meyakinkan untuk membuktikan tuduhan tersebut. Sebagian besar saksi yang dihadirkan merupakan bagian dari pendukung utama pasangan 02,” kata Ace saat dihubungi awak media, Kamis (20/6/2019).

Dengan tegas Ace mengatakan, upaya tim hukum 02 untuk meyakinkan majelis hakim justru membuka mata seluruh masyarakat bahwa tuduhan kecurangan pemilu itu hanya asumsi dan persepsi.

“Salah satu contohnya, kesaksian Agus Maksum yang menyatakan ada 17,5 juta pemilih di DPT invalid. Ternyata data-datanya tidak bisa dibuktikan,” ujarnya.

Ace juga menilai, tuntutan BPN untuk memenangi Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 sulit dikabulkan. Bahkan, untuk melakukan pemungutan suara ulang di tempat-tempat yang disebutkan oleh para saksi juga sulit dilakukan.

“Jangankan untuk dikabulkan untuk memenangkan pasangan 02, untuk dilakukan pemilu ulang di tempat-tempat di mana saksi itu berada saja, tidak memenuhi syarat untuk dilakukan,” ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00