• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

40 Kelompok Ikuti Festival Jathilan Lereng Merapi

19 June
19:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Sebanyak 40 kelompok kesenian tradisional Jathilan dari 26 kecamatan di Kabupaten Klaten mengikuti Festival Jathilan yang berlangsung di jalan raya  wilayah   Desa Kaputran Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Bupati Klaten Sri Mulyani di sela-sela festival mengatakan, Festival Jantilan digelar setiap tahun  sebagai ajang pemersatu antara masyarakat dengan pemerintah Kabupaten Klaten.

“Potensi wisata yang sangat baik ini semoga ke depan semakin berkreasi, berovasi untuk mengundang seluruh masyarakat Kabupaten Klaten datang di Kemalang  untuk mempromosikan kaiatannya dengan event-event wisata yang ada di Klaten,” jelasnya Rabu (19/6/2019).

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Camat Kemalang Kusdiyono mengatakan, Festival Jatilan diikuti 40 kelompok meliputi 26 kelompok dari perwakilan kecamatan dan 13 kelompok dari perwakilan desa se-Kecamatan Kemalang serta Desa Somokaton Kecamatan Karangnongko.

Dikatakannya, setiap kelompok wajib menampilkan kebolehanya di depan panggung dengan durasi 5 menit, dan dinilai oleh tim yuri dari Dewan Kesenian Klaten.  Sedangkan materi yang di nilai yakni Keseragaman  berpakaian, kekompakan dan kreasi Peserta dan bagi yang juara mendapat piala dan uang Pembinaan.

Digelarnya Festival Jathilan tersebut dengan tujuan untuk nguri-uri atau melestarikan seni  tradisi budaya di Kabupaten Klaten,  karena  seperti yang ada di Kecamatan Kemalang banyak kelompok seni jantilan,” terangnya.

Paa kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Pantoro mengapresiasi adanya Festival Jantilan ini, karena sebagai salah satu upaya pelestarian budaya sesuai Undang-undang nomer 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan.

“Dengan adanya Festival Jathilan ini, ke depan peserta bisa lebih banyak lagi sehingga seni Jantilan ini bisa lestari dan  berkembang,” kata Pantoro.

Di sisi lain, salah seorang Pembina  Kelompok Jathilan Krido Pawokodari desa Balerante  Kecamatan Kemalang, Jainu mengatakan,  dalam mengikuti festival jantilan ini pihaknya melibatkan 15 orang, dengan  persiapan selama satu minggu.

Ia juga berharap setiap tahun kegiatan tersebut terus digelar agar menambah semangat seni budaya di masing-masing desa

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00