• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gubernur DIY Tolak Tol Terintegrasi dengan Bandara YIA

19 June
19:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Gubernur DIY memberikan penolakannya, apabila ada tol yang terintegrasi dengan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X mengatakan, ia lebih memilih akses ke bandara dilalui jalur non tol, dengan harapan masyarakat bisa merasakan manfaat ekonominya.

Jika terintegrasi dengan tol maka masyarakat Kulonprogo hanya akan menjadi penonton, dan dampak ekonomi tidak akan dirasakan.

Menurut Sultan, jika keberadaan tol nantinya bisa dibuktikan bermanfaat bagi masyarakat, pihaknya siap diajak bicara.

"Bandara itu kan untuk pertumbuhan ekonomi Jogja. Kalau medun (turun) airport ditampani (diterima) tol, Jogja oleh opo (dapat apa)? Kan enggak dapat apa-apa. Makan aja enggak," ujar Sultan saat menghadiri syawalan Gubernur DIY dengan jajaran Pemda DIY di Taman Budaya Kulonprogo, Rabu (19/06/019).

Sultan menambahkan, akses ke Bandara YIA sebaiknya menggunakan jalan raya biasa seperti Jalan Jalur lingkar Selatan (JJLS). Jalan ini selain terhubung dengan Bandara, juga akan menunjang pariwisata ke wilayah Pegunungan Menoreh.

Selain juga disiapkan jalur lewat Bedah Menoreh. Nantinya, jalur lewat Bedah Menoreh itu akan terhubung dengan Kawasan Candi Borobudur.

“Saya harapkan, semua pembangunan yang menunjang perekonomian warga di Kulonprogo bisa segera selesai. Tidak hanya proyek Bandara YIA tapi proyek lainnya seperti Bedah Menoreh termasuk juga Pelabuhan Tanjung Adikarto,” ujar Sultan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00