• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Berkas Permohonan Tidak Sesuai Aturan, Hakim MK Belum Sahkan Alat Bukti 02

19 June
10:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Beberapa bukti yang diajukan oleh Tim Hukum Prabowo Subianto - Sandiaga Uno ditunda untuk disahkan oleh Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab berkas permohonan alat bukti tersebut tidak disusun sebagaimana persyaratan suatu alat bukti yang diatur dalam undang-undang yang berlaku.

Salah satu Hakim MK, Saldi Isra mengatakan ada beberapa bukti yang harus diklarifikasi lebih lanjut oleh Tim Hukum 02. Diantaranya bukti yang masuk pada tanggal 18 Juni 2019 pukul 13.28 WIB.

"Ini tidak bisa diverifikasi sehingga belum bisa disahkan pada pagi ini karena berkas tidak disusun sebagaimana layaknya ketentuan dalam hukum acara dan kelaziman berlaku di MK," kata Saldi dalam Sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

Untuk itu, pihaknya meminta Tim Hukum 02 melengkapi alat bukti sesuai dengan aturan yang diatur dalam undang-undang yang berlaku. Pihaknya pun memberi tenggang waktu hingga pukul 12.00 WIB nanti.

"Saudara pemohon diberi waktu sampai pukul 12 melakukan proses yang layak seperti ini kalau itu terjadi kami tidak bisa memverifikasi dan implikasinya tidak bisa bisa disahkan dalam persidangan ini," pungkas Saldi.

Menanggapi itu, Ketua Tim Hukum 02, Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya akan berusaha untuk melengkapi alat bukti yang dimaksud. Kalaupun memang waktunya tidak cukup. Pihaknya pun ingin mengajukan alat bukti baru.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00