• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Daerah NTB Sesungguhnya Menyimpan Potensi Konflik

18 June
20:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Mataram : Kapolda NTB, Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana menyatakan, daerah Nusa Tenggara Barat menyimpan potensi konflik yang cukup besar.

Hal itu, ditegaskan, Kapolda Nana Sudjana, dalam silaturahminya dengan para tokoh Majelis Adat Sasak (MAS) yang berlangsung di kediaman HL. Azhar di Jalan Pejanggik  Nomor 19 Mataram, Selasa (18/6/2019).

Karena itu, sebagai pejabat Kapolda NTB yang baru bertugas satu bulan, ia sangat berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan organisasi kemasyarakatan di daerah ini,  agar mendukung penciptaan  kondisi kamtibmas yang aman dan tertib serta damai.

“Berdasarkan evaluasi NTB, sesungguhnya menyimpan berbagai potensi konflik sosial. Namun demikian  dalam 2 tahun terakhir trend konflik tersebut mengalami penurun. Kondisi yang sangat aman dan   perlu kita pertahankan dan dikelola dengan baik,” ujar Nana Sudjana.

Menyinggung, konflik yang sering terjadi adalah pertikaian antar kampung hampir terjadi disejumlah wilayah Kabupaten Kota. Sementara radikalisme dan terorisme yang paling banyak terjadi di Kabupaten Bima dan Dompu, termasuk sebagian wilayah di Lombok.

Nana menegaskan untuk  kriminalitas yang cukup tinggi   adalah Curas, Curat dan Curanmor (3C).

“Saya berharap bapak dan ibu dapat mendukung tugas -tugas kepolisian dalam rangka  pencegahan dan penegakan hukum,” harapnya.

Nana juga tidak menepis bahwa lembaganya tidak bisa bekerja sendiri, tanpa dukungan masyarakat dan organisasi terutama terlebih dalam mempertahankan situasi kamtibmas yang aman dan terkendali.

Karena itu, ia sangat membuka diri untuk  kritik dan saran   serta meminta bimbingan dan dukungan dari para toga dan toma, selama menjabat di NTB.

“Saya  sudah  terbiasa dengan kritik dan saran yang bersifat membangun, demi suksesnya pelaksanaan tugas-tugas kepolisian kedepan,” pungkasnya.

Hadir   dalam acara silaturrahmi, Wakapolda NTB, Brigjen Pol. Drs. Tajuddin, MH, Dir. Intelkam Polda NTB Kombes Pol. Drs. H. Susilo Rahayu Irianto, Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam, SH.SIK.MH, Ketua Majelis Adat Sasak (MAS) NTB, Drs. H.L. Azhar, Pemucuk Wali Paer Majelis Adat Sasak (MAS), Lalu Mujitahid. Dan par pengurus Majelis Adat Sasak yang lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00