• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

CJH Masuk Kuota Tambahan Bengkulu Keluarkan Biaya Sendiri Menuju Embarkasi

18 June
19:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Sebanyak 299 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Provinsi Bengkulu yang masuk dalam kuota tambahan, akan berangkat menuju embarkasi haji di Padang Sumatera Barat (Sumbar) dengan menggunakan biaya sendiri. Sedangkan 1.614 CJH lainnya, tetap ditanggung daerah sebagaimana sebelumnya. 

"Provinsi Bengkulu mendapatkan kuota haji tambahan sebanyak 299 orang. Untuk kuota tambahan ini, keberangkatan menuju embarkasi Padang dibebabkan pada masing-masing CJH. Berbeda dengan 1.614 CJH yang merupakan kuota selama ini, keberangkatannya tetap ditanggung anggaran daerah yang berarti sesuai dengan aturan sebelumnya," ungkap Kepala Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu, Edi Hartawan, Selasa (18/6/2019).

Dikatakan, meski299 CJH kuota tambahan ini menggunakan biaya sendiri, namun Pemerintah Provinsi (Pemprov)tetap menyediakan 3 fasilitas tambahan. Seperti bus dari embarkasi antara menuju bandara, penyediaan angkutan barang dan keberangkatan dari embararkasi antara Bengkulu menuju embarkasi Padang, Sumatera Barat.

Dijelaskan, biaya yang dibebankan pada masing-masing CJH kuota tambahan ini, untuk biaya pesawat dari embarkasi antara Bengkulu menuju embarkasi Padang.

"Diperkirakan biaya yang harus dibayar CJH sebesar Rp.2.180.000 Pulang Pergi (PP). Tapi biaya itu belum bersifat final, dan masih perlu disesuaikan dengan tarif yang dikenakan maskapai," ujarnya.

Lebih jauh mengenai CJH yang mengeluarkan biaya sendiri dimaksud Edimenkelaskan, pihaknya telah meminta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten/Kota menyosialisasikan pada masing-masing CJH. Dimana biaya tambahan tersebut bisa dibayarkan langsung para CJH ke maskapai, atau menunggu kebijakan maskapai yang ditunjuk.

"Untuk keberangkatan haji, kloter pertama pada 12 Juli 2019, dan 299 CJH kuota tambahan tergabung dalam kloter 5 yang berarti, bersamaan dengan 89 CJH asal Rejang Lebong," terangnya.

Sementara dari data, untuk 299 kuota tambahan CJH, dari Bengkulu Utara sebanyak 37 orang, Kota Bengkulu 57 orang, Kabupaten Bengkulu Tengah 17 orang, Kepahiang 20 orang, Rejang Lebong 43 orang, Lebong 17 orang, Mukomuko 33 orang.

Selanjutnya Kabupaten Bengkulu Selatan 24 orang, Seluma 31 orang, dan Kaur 20 orang.

Selain 299 CJH kuota tambahan, Provinsi Bengkulu juga mendapatkan kuota tambahan untuk petugas dari Kemenag sebanyak 5 orang,"ucapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00