• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pagelaran Budaya RI – Inggris Meriahkan Puncak Perayaan Hubungan Diplomatik ke – 70 tahun di London

18 June
19:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Gala Evening pertunjukan seni dan budaya digelar sebagai puncak rangkaian acara Perayaan 70 tahunHubungan Diplomatik Indonesia-Inggrisdiselenggarakan di Cadogan Hall, London. Dalam rilis yang diterima redaksi RRI, Selasa (18/6/2019), disebutkan “Gala Evening” dilaksanakan pada Senin malam (17/6/2019), waktu setempat dan dihadiri langsung oleh menteri luar negeri RI, Retno Marsudi, menteri pendidikan dan kebudayaan, Muhadjir Effendy, serta Duta BesarRepublik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Rizal Sukma. Sementara dari pihak Inggris tampak hadir Menteri Muda untuk Urusan Asia Pasifik, Mark Field MP dan UtusanKhusus PM Inggris untuk Urusan Perdagangan dengan Indonesia dan ASEAN, Richard Graham, MP.

Pagelaran seni dan budaya yang merupakan kolaborasi dari sejumlah seniman Indonesia dan Inggris tersebut melibatkan70 orang pegiat seni, yang umumnya merupakan lulusan dari program beasiswa Pemerintah Indonesia, Dharmasiswa. Komposisi music dirancang oleh Komposer Iwan Gunawan yang secara khusus didatangkan dari Indonesia bersama kelompok seni Kyai Fatahilah berkolaborasi dengan John Pawson, seniman Inggris.

Pada kesempatan tersebut, Retno Marsudi mengatakan bahwa sejak dibukanya Hubungan Diplomatik Indonesia dan Inggris pada tahun 1949, kedua negara telah menjalin kerjasama yang semakin lama semakin berkembang dan meningkat meliputi berbagai aspek. Menurut Retno, melalui kerjasama yang baik selama ini, baik pemerintah maupun masyarakat kedua negara telah mendapat manfaat besar yang pada akhirnya semakin mengokokohkan hubungan kedua negara baik dalam konteks pemerintah maupun people-to-people.

Retno berkeyakinan bahwa dengan adanya komitmen dan nilai-nilai bersama kedua negara khususnya berkenaan dengan masalah demokrasi, multikulturisme dan ekonomi pembangunan, disamping kepedulian yang kuat terhadap isu-isu global, seperti perdamaian dan keamanan dunia (Keketuaan Indonesia dalam Dewan Keamanan PBB selamabulan Mei 2019), lingkunganhidup, terorisme, cyber security, kemaritiman, hakasasimanusia, kreatifekonomi, hingga pendidikan. Indonesia dan Inggris memiliki modalitas yang sangat kuat untuk terus meningkatkan hubungan kedua negara di masa depan. Komitmen tersebut diteguhkan melalui pertemuan Delegasi Indonesia dengan Delegasi Inggris dalam Indonesia-UK Partnersip Forum ke-2 yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2019, dihadiri oleh menteri luar negeri kedua negara. 

Senada dengan Menlu RetnoMarsudi, Mark Field, MP, Menteri Muda untuk Urusan Asia Pasifik, yang mewakili Pemerintah Inggris menyampaikan bahwa Inggris dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang sangat kuat, yang merupakan testamen dari kuatnya hubungan kultural dan sejarah yang telah terjalin selama ratusan tahun jauh hari sebelum adanya hubungan diplomatik antara kedua negara.  

Secara khusus, Menteri Mark Field menyatakan bahwa Inggris dan Indonesia berkepentingan untuk terus menguatkan kerjasama dalam mengatasi berbagai isu regional dan global seperti keamanan, lingkungan hidup, hakasasi manusia, pendidikan dan ekonomi.

Sementara, pagelaran seni budaya pada acara Gala Eveningmerefleksikan dinamika hubungan Indonesia-Inggris yang sudah sejak lama terjalin,yang dimulai dari kontak pertama penjelajah Inggris Sir Francis Drake saat tiba di Kepulauan Ternate pada tahun 1579 dengan menggunakan Kapal the Golden Hind.

Sedangkan, pertunjukan yang berlangsung secara mengalir selama kurang lebih 75 menit tanpa jeda sekali pun tersebut mendapat sambutan pengunjung yang memenuhi Gedung Cadogan. Tidak kurang dari 800 orang memenuhi gedung pertunjukan tersebut sejak pukul 18.30 malam. (Rilis)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00