• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Sidang Sengketa Pilpres akan Dengarkan Jawaban KPU, Bawaslu dan Tim Hukum Jokowi

18 June
06:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mahkamah Konstitusi (MK) akan melanjutkan sidang sengketa pilpres 2019. Agenda utama sidang yakni mendengarkan jawaban dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan tim hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin atas dalil yang diajukan oleh tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Majelis hakim nantinya akan memberikan penilaian atas jawaban dari tiga pihak tersebut. Namun diketahui baru tim hukum Jokowi-Ma'ruf yang sudah menyerahkan jawaban ke MK. Perkembangan terakhir, KPU masih melakukan finalisasi jawaban. Untuk Bawaslu belum memberikan pernyataan terkait penyerahan jawaban.

Sidang akan digelar di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019), pukul 09.00 WIB. Agar kinerja MK dalam menyidangkan gugatan sengketa pemilu tak terganggu, masyarakat diingatkan tak menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung MK. Masyarakat yang ingin berdemo akan dialihkan ke depan Patung Kuda. 

Terkait jumlah personel yang dikerahkan, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian sebelumnya menyebutkan terdapat 17.000 personel Polri yang dikerahkan untuk mengamankan sidang. Sementara itu, TNI menerjunkan 16.000 personel dan mengawasi pergerakan massa yang kemungkinan mengawal proses sidang tersebut. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00