• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Mohammed Mursi, Eks Presiden Mesir Meninggal Dunia Saat Jalani Sidang

18 June
00:31 2019
1 Votes (5)

KBRN, Kairo : Mantan Presiden Mesir, Mohammed Mursi meninggal dunia di rumah sakit Kairo. Sebelum tutup usia, Mursi dikabarkan sempat pingsan saat tengah menjalani persidangan di pengadilan setempat, pada Senin (17/6/2019).

Televisi pemerintah mengatakan, Mursi, yang kini berusia 67 tahun, berada di pengadilan untuk menjalani sidang atas tuduhan spionase yang berasal dari dugaan kontak dengan kelompok Islam Palestina Hamas. 

Mursi menjalani hukuman penjara 20 tahun karena hukuman atas pembunuhan demonstran selama demonstrasi pada 2012 dan hukuman seumur hidup karena spionase dalam kasus yang berkaitan dengan negara Teluk Qatar.

“Dia berbicara di depan hakim selama 20 menit dan sangat bersemangat kemudian pingsan. Dia segera dilarikan ke rumah sakit tempat dia kemudian meninggal," kata seorang sumber di pengadilan.

“Jenazahnya dipindahkan ke rumah sakit dan prosedur yang diperlukan sedang ditempuh," lapor Nile News.

Morsi dipilih sebagai presiden Mesir tahun 2012 ketika masih menjadi pemimpin Ikhwanul Muslimin tetapi ia digulingkan oleh militer satu tahun kemudian menyusul aksi protes massal. Ia tercatat sebagai pemimpin pertama Mesir yang dipilih secara demokratis.

Namun sejak digulingkan ia masuk tahanan dan menjalani hukuman penjara selama tujuh tahun dalam kasus pemalsuan permohonan pencalonan presiden tahun 2012. Di bawah pemerintahan yang sekarang, Morsi menghadapi berbagai dakwaan termasuk spionase.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00