• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menteri PUPR: Tidak Ada Kaitan Antara Peresmian Infrastruktur Dengan Kampanye Pilpres

17 June
15:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Peresmian sejumlah infrastruktur oleh Presiden Joko Widodo yang bertepatan dengan masa kampanye Pemilihan Presiden lalu, mendapat kritik dari Badan Pemenangan Nasional (BPN). Tim BPN menilai, peresmian infrastruktur tersebut terkesan dipaksakan, mengingat adanya dugaan bahwa infrastruktur tersebut masih belum siap untuk digunakan.

Menanggapi tudingan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono menegaskan bahwa tidak ada pemaksaan dan kaitan peresmian sejumlah infrastruktur yang bertepatan dengan masa kampanye. 

Ditemui di kawasan Istana usai hadir dalam Rapat Internal dengan Presiden pada Senin (17/6/2019), Basuki menjelaskan, tudingan kecurangan dan adanya pemaksaan peresmian tidak lah tepat, mengingat peresmian tersebut sudah tepat. 

Basuki menegaskan bahwa peresmian infrastruktur tidak ada kaitannya dengan kampanye Pilpres. 

"Mana yang merasa dipaksakan? Kalau ngga diresmikan, orang ngga bisa mudik. Podo wae kan? (Red : sama saja kan?) Buat saya, ngga ada urusannya (peresmian Jalan Tol) dengan pemilu. Itu ada yang mundur dua bulan, baru diresmikan. Ada yang mundur dua bulan. Kalau buat saya, mohon maaf, ngga ada urusan saya dengan yang begitu. Selesai (pembangunan) ya diresmikan. Bahkan yang sudah diresmikan pun masih gratis, supaya orang sosialisasi. Jadi mana yang dipaksakan? Ngga ada. Kalau memang orang melihatnya dipaksakan, yang mana coba? Menurut saya In Syaa Allah ngga ada," ujar Basuki di kawasan Istana.

Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyinggung soal peresmian jalan tol saat memaparkan kecurangan pilpres di sidang Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Badan Pemenangan Nasional (BPN), peresmian tol ini adalah desakan atau terlalu dipaksakan saat infrastrukturnya sendiri belum benar-benar siap digunakan.

Menurut Tim BPN, banyak proyek-proyek jalan tol dan infrastruktur lainnya yang telah diresmikan namun setelah itu masih ada perbaikan, atau pun proyek yang sudah diresmikan namun belum dioperasionalkan.

BPN juga menyinggung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam setiap peresmian jalan tol atau infrastruktur lainnya. Hal ini dianggap sebagai salah satu cara kampanye dari paslon 01 tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00