• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

BPBD Kutai Barat Menetapkan Status Siaga Bencana Banjir Sampai 21 Juni

17 June
15:49 2019
2 Votes (5)

KBRN, Sendawar :  Banjir yang melanda 10 kampung di Kecamatan Long Iram dan 14 Kampung Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat (Kubar) akibat kiriman dari hulu Sungai Magakam, kini berangsur surut.

Hal itu diungkapkan Kasi Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar Sulaiman kepada RRI saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/6/2019).

Ia menyebutkan, kondisi banjir di Kecamatan Long Iram dan KecamatanTering sejak hari pertama, Sabtu (15/6/2019), ketinggian air berkisar 50 centi meter (CM), kemudian  ke-esokan harinya naik menjadi 1 meter.

Meski sempat diguyur hujan hingga pagi hari lanjut Sulaiman, berdasarkan laporkan dari anggota di Lapangan, bahwa kondisi air di-dua Kecamatan tersebut mulai surut hingga sekitar 30cm, hari ini.

“Jadi, memang beberapa Kampung di Long Iram dan Tering ini merupakan Daerah yang kena dampak banjir ini. Tapi kondisi air sudah menunjukan penurunanan sekitar tiga puluh centi meter. Nah untuk di Long Iram hampir seluruh Kampung kena dampak banjir kecuali Kampung Sukomulyo, itu karena daerahnya cukup tinggi dan di Tering juga demikian, yang tidak terdampak juga hanya satu kampung,” ungkapnya.

Sulaiman menambahkan, sehubungan kondisi air masih tinggi, dan cuaca yang tidak menentu, serta 24 kampung di pesisir Sungai Mahakam tersebut masih terendam banjir. Pemerintah menetapkan status siaga bencana banjir untuk Kutai Barat dari tanggal 15 juni sampai dengan 21 juni 2019 sebagai rentang waktu siaga banjir.

Status itu Berdasarkan pasal 21 ayat 1 huruf B, Jo pasal 23 ayat 2 peraturan pemerintah RI nomor 231 tahun 2008 tentang penyelenggara penanggulangan bencana dan penanganan yang lebih Intensif memerlukan langkah  penanganan terpadu dari berbagai OPD,Pihak terkait dalam beberapa hari kedepan.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00