• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Resmi Dilantik KONI Pusat, PP Persambi akan Selenggarakan Kejuaraan Sambo se-Asia Tenggara

17 June
14:54 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pengurus Pusat Persatuan Sambo Indonesia (PP Persambi) akan menggelar Kejuaraan Sambo se-Asia Tenggara menjelang SEA Games 2019 Manila, Philipina.

"Kita tau cabang beladiri Sambo pernah sukses mengadakan event Sambo yang pertama kali digelar sebagai tes event Asian Games ke 18 di Jakarta-Palembang, dengan demikian kita kembali menggelar event Sambo se-Asia Tenggara untuk ke dua kalinya menjelang SEA Games," ujar Wakil Ketua Umum PP Persambi Arnold Silalahi usai Pelantikan Pengurus PP Persambi di gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Menurut Arnold, untuk mempopulerkan cabang beladiri Sambo ini, dalam agendanya memfokuskan kejurda yang mempertandingkan nomor-nomor kadet.

"Hal ini bertujuan mencari atlet Sambo yang asli, setelah selama ini atlet Sambo diambil dari atlet Judo, Gulat," tambah Arnold Silalahi.

Ditempat yang sama Ketua Umum PP Persambi Krisna Bayu menjelaskan, pihaknya juga bangga atas dua wasit Sambo asal Indonesia Martin Stanyo dan Maria Stella memiliki grade A Dunia.

"Nah kedua wasit asal Indonesia itu menurut rencana akan menjadi wasit kejuaraan Sambo di India, kemungkinan kita akan menambah satu lagi wasit," ucap Krisna Bayu.

Krisna menambahkan setelah secara resmi PP Persambi dilantik resmi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang dipimpin Tono Suratman pihaknya akan terus mengembangkan ke seluruh Indonesia karena saat ini baru memiliki 19 pengurus provinsi dari 34 provinsi yang ada.

Sebelumnya penetapan PP Persambi menjadi anggota KONI ini dilalukan pada Rapat Anggota KONI Pusat Tahun 2019 di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (24/4/2019) lalu yang dihadiri 27 pengurus KONI Provinsi dan 47 induk cabang olahraga.

Mantan judoka nasional itu lebih jauh mengatakan, untuk skala lokal, pihaknya akan melobi KONI Pusat dan PB PON 2020 Papua agar sambo bisa menjalani pertandingan eksibisi pada kejuaraan olahraga empat tahunan terbesar di Indonesia itu.

Sebelumnya timnas Sambo Indonesia nihil menghasilkan medali di Asian Games 2018. Pasalnya, delapan atlet telah tersingkir pada pertandingan yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, 31 Agustus hingga 1 September 2018 lalu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00