• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Dua Hektar Hutan dan Lahan di Aceh Besar Terbakar

17 June
00:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Sedikitnya dua hektar hutan dan lahan milik masyarakat di Gampong Paya Tieng Kecamatan Peukan Bada dan Gampong Klieng Cot Aron Kecamatan Baitussalam Aceh Besar Minggu (16/6/2019) petang musnah terbakar.

Akibat terjadinya kebakaran di dua lokasi terpisah tersebut meski tidak ada korban jiwa manusia tapi sempat menimbulkan kepanikan warga sekitar karena lokasi kebakaran tak jauh dari rumah penduduk setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar Farhan AP kepada RRI mengatakan, lokasi kebakaran pertama terjadi pukul 15.30 Wib terjadi di Gampong Paya Tieng Kecamatan Peukan Bada.

“Sesuai dengan laporan petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar pos Peukan Bada menerima laporan dari masyarakat perihal kejadian kebakaran lahan yang berada di area perkebunan warga.

Dijelaskan, BPBD Aceh Besar pos Peukan Bada mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan kebakaran lahan tersebut.

“Penanganan dan pemadaman baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 16.15 Wib. Penyebab kejadian tersebut sudah dalam penanganan pihak yang berwajib Polsek Peukan Bada,” ujarnya.

Menurut Farhan yang memberikan keterangan didampingi Operator Pusdalops PB Iqbal kebakaran yang sama lainnya terjadi pukul 11.40 Wib di Gampong Klieng Cot Aron Kecamatan Baitussalam.

“Sesuai dengan laporan petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar pos Kajhu bahwa sanya telah terjadi kebakaran lahan (bak dah) di gampong setempat yang kebetulan berada di tengah tengah pemukiman warga," kata Farhan.

Petugas pemadam BPBD Aceh Besar, kata Farhan, mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian yang terdiri dari pos Kajhu dan pos Durung. “Pemadaman baru selesai dilakukan oleh petugas  pada pukul 13.00 Wib," sebutnya.

Ia menambahkan, untuk penyebap kebakaran dilokasi tersebut diduga akibat pembakaran sampah namun untuk kepastiannya sudah dalam penanganan pihak yang berwajib Polsek Baitussalam.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00