• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Rutan Lhoksukon Aceh Utara Rusuh, 50 Napi Kabur, 15 Ditangkap

16 June
21:36 2019
1 Votes (5)

KBRN, Lhoksukon : Rumah Tahanan Lhoksukon terjadi kerusuhan pada Minggu (16/6/2019) sore. Dalam peristiwa ini dilaporkan sejumlah fasilitas rutan dirusak oleh napi. 

Dalam aksi kerusuhan ini sebanyak 50 orang napi berhasil kabur setelah menjebol teralis besi. 

"Jadi teralisnya digoyang-goyang sehingga berhasil dirusak dan kabur. Ada 50 orang napi yang kabur, 15 orang sudah berhasil ditangkap," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Aceh Agus Thoib saat dikonfirmasi awak media di Banda Aceh, Minggu malam. 

Kronologi kerusuhan terjadi, ungkap Agus, berawal ketika napi di rutan Lhoksukon melakukan pengrusakan teralis besi yang berada di dalam tahanan. Merek dilaporkan juga ikut membobol pintu depan dan memecahkan kaca. 

Kata Agus, saat para napi kabur, kondisi Rutan dalam penjagaan pihak kepolisian yang bersenjata lengkap. 

"Saat kabur ada Polisi dua orang yang berjaga dengan senjata lengkap, namun karena banyaknya napi yang kabur sehingga tidak mampu dicegah," ujarnya. 

Saat ini, sebut Agus kondisi Rutan sudah kembali kondusif. "Kita berdoa bersama-sama agar kondisi kemanan kembali kondusif, ini kan bertubi-tubi terjadi di Aceh, kita berharap ini yang terakhir, karena memang kerusuhan yang terjadi di dalam Rutan Lhoksukon ini tidak ada permasalahan apa-apa, memang napinya saja yang ingin kabur," ungkap Agus. (Foto : Ist)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00