• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Tunjuk Hinca, Ketua DPP Demokrat Tuding SBY Langgar AD/ ART Partai

16 June
15:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Langkah Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menunjuk Sekretaris Jenderal (Sekjen) PD, Hinca Pandjaitan sebagai pelaksana tugas harian dinilai aturan Anggaran Dasar dan Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/ART) partai.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PD, Subur Sembiring menegaskan, hal itu karena pada dasarnya, pasal 25 AD/ART PD telah mengatur tentang seorang Ketum hanya bisa digantikan oleh seorang Waketum. Bukanlah Sekjen seperti yang dilakukan SBY.

"Secara konstitusional partai, jika seorang Ketum berhalangan, seharusnya memberikan mandat kepada salah satu Waketum DPP PD," katanya kepada wartawan, Minggu (16/6/2019).

Perlu diketahui, pada Februari 2019 lalu, dikabarkan karena kesibukan untuk mendampingi istrinya yang tengah sakit, Ani Yudhoyono, SBY pun memberikan mandat tugas harian kepada Hinca selaku Sekjen. SBY juga meminta Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi Ketua Pemenangan Pemilu partai.

Padahal ayat 3 Pasal 25 AD/ ART PD mengatur tentang ketika Ketum berhalangan, maka tugasnya hanya boleh jalankan oleh salah seorang Waketum.

"Ketika mandat diberikan kepada seorang Sekjen, maka sesungguhnya hal ini telah menyimpang dari konstitusional partai," pungkasnya menegaskan.

  • Tentang Penulis

    Bunaiya Fauzi Arubone

    Bunaiya Fauzi Arubone Kontributor RRI  

  • Tentang Editor

    Syarif Hasan Salampessy

    Redaktur Puspem LPP RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00