• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pemprov Kalteng Bakar Jagung Tongkol 62.000 Biji, Target Rekor Muri

16 June
10:22 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palangka Raya : Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan bakar jagung sebanyak 62.000 biji jagung tongkol dipusatkan di Bundaran Besar kota Palangka Raya, Minggu pagi (16/6/2019).

Bakar jagung bersama ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran diikuti peserta dari 14 Kabupaten/kota, SOPD Kalteng, instansi vertikal, komunitas sebanyak 62 stan disediakan panitia.

Setiap stan peserta membakar jagung tongkol sebanyak 1.000 biji. Panitia menyiapkan stan berupa tenda termasuk tempat membakar jagung, ke 62 stan disusun berkeliking mengitari Bundaran besar.

Dalam sambutan Gubernur Kalteng, H.Sugianto Sabran mengatakan kegiatan ini dalam rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun Kalimantan Tengah ke 62. 

"Tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan bahwa kalteng memili hasil pertanian dan holtikultura yaitu komoditi jagung salah satunya, yang tidak kalah dengan daerah lain, sehingga kita membuat gebrakan bakar jagu bersama untuk memecahkan rekor Muri, kita bakar jagung sebanyak 62.000 biji jagung tokol hasil panen para petani yang ada di daerah kalampangan," ujar Gubernur Sugianto.

Selain menjalin kebersamaan kegiatan ini mengingkan warga mencintai hasil produk lokal seperti jagung ini. Sehingga kesejahteraan petani bisa terangkat.

Sementara tanggapan peserta dari stan Dinas PUPR Kalteng, Kadis PUPR Kalteng, Salahudin menilai kegiatan ini sangat baik untuk diikuti, tentu kegiatan ini secara tidak disadari memberi kenikmatan kepada warga untuk merasahkan jagung bakar secara gratis. Selain itu juga Pemprov mengharapkan warga selalu diperhatikan baik itu secara bahan pangan dan juga infrastrukturnya. 

"Kami diberi panitia sebanyak 1.000 biji jagung tokol, namun kami tambahin 1.000 biji lagi, kami merasa ini untuk warga, pada momen ini kami dapat berbagi dengan sesama, setelah dibakar, jagungnya langsung dibagikan, apabila ada lebih akan dibagikan ke panti asuhan,"cetusnya.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar serta ramai dikunjungi warga, memang setelah jagung selesai dibakar, para warga langsung menyerbu jagung tersebut, makan secara cuma-cuma, keceriaan dan tawa terpancar dari raut wajah yang menikmati jagung bakar baik itu anak-anak maupun orang muda dan dewasa.

Masyarakat Kalteng berharap kegiatan ini dapat mencapai Rekor (MURI) Museum Rekor Indonesia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00