• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Indonesia Nilai Timor Leste Berhak Rasakan Kesejahteraan di ASEAN

15 June
22:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sebagai asosiasi yang telah berdiri lebih dari setengah abad, ASEAN dinilai berhasil memberikan kesejahteraan dan keamanan kawasan bagi masyarakatnya.

Hanya saja, ASEAN tampaknya masih memiliki “Pekerjaan Rumah” yang harus diselesaikan.

Yakni, menerima pengajuan aplikasi Timor Leste sebagai anggota baru.

Saat ini Timor Leste merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang belum menjadi anggota di ASEAN.

Pengajuan aplikasi tersebut telah disampaikan sejak 2011.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar negeri RI, Jose Tavares, mengatakan, hingga saat ini Timor Leste setidaknya telah melalui pengujian independen yang menjadi persyaratan untuk menjadi anggota baru ASEAN.

“Timor Leste itu jadi tiga studi (independen) sudah selesai, mengenai politik, ekonomi dan sosial budaya. Sekarang ini sudah di ASEAN (hasil studi independen) dan positif. Meskipun, ada catatan bahwa Timor Leste perlu meningkatkan kapasitasnya didalam kemampuannya untuk bisa engage meeting di ASEAN dan lain sebagainya,”ungkap Jose Tavares ketika dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Lebih lanjut Jose menambahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang menyambut baik keinginan Timor Leste mengajukan aplikasi ke ASEAN, sebab dinilai memiliki hak yang sama dengan negara lainnya di kawasan Asia Tenggara.

“Indonesia sangat mendukung, karena kalau bicara Asia Tenggara yang belum menjadi anggota ASEAN dan dulukan bagian dari kitakan sekarang sudah menjadi negara sendiri. Apa salahnya dia (Timor Leste) juga ikut menikmati stabilitas dan kemakmuran yang dicapai oleh ASEAN. Bayangkan bantuannya kayak apa dan dinamikanya kayak apa di ASEAN. Mereka juga bisa ikut chair dengan kita tentang bagaimana demokrasi di sana. Mereka itu bagus demokrasinya meskipun negara baru,”imbuhnya.

Dibagian lain Jose Tavares menyatakan, Timor Leste selama ini menunjukkan keseriusannya untuk menjadi bagian dari ASEAN, yaitu dengan aktifnya perwakilan negara tersebut dalam berbagai pertemuan yang diselenggarakan ASEAN.

“Dan, mereka juga saat ini mengikuti beberapa pertemuan ASEAN, yang bukan decision making process karena mereka belum anggotakan,”terang Jose.

Dijelaskan Jose, dukungan yang diberikan Indonesia kepada Timor Leste tidak hanya dalam bentuk moriil, tapi juga dukungan riil yang diimplementasikan dalam pemberian peningkatan kapasitas.

“Tiap tahun ada diplomat Timor Leste datang. karena kita berikan mereka bantuan. Bukan hanya kita, negara anggota ASEAN lainnya juga,”ujarnya.

Sementara, ASEAN akan mengirim tim Misi Penemu Fakta untuk bertemu dengan otoritas Timor Leste pada September mendatang dan melakukan serangkaian wawancara terkait keseriusan menjadi anggota baru.

Sedangkan, Indonesia juga termasuk negara yang aktif menanamkan modal di Timor Leste. Dimana ditahun 2018 nilai investasi tersebut mencapai 595 juta dolar Amerika Serikat yang meliputi bidang perbankan, minyak dan gas serta berbagai produk minuman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00