• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Kanker Hidung Memaksa Lee Chong Wei Gantung Raket

13 June
21:24 2019
5 Votes (4.2)

KBRN, Kuala Lumpur : Mantan pemain bulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei mengumumkan pensiun dari kancah badminton profesional. Lee Chong Wei mengakhiri karier gemilang di bulutangkis yang sudah dijalaninya selama 19 tahun. Sekaligus menandai sang mega bintang telah menepi selama-lamanya.

Pengumuman itu dilakukan dalam konferensi pers yang ditayangkan lewat Facebook Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada Kamis (13/6/2019). Chong Wei didampingi oleh Menpora, Syed Saddiq Abdul Rahmad, dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, serta istri Wong Mew Choo.

"Saya berada di sini untuk mengumumkan pensiun setelah bersama-sama BAM selama 19 tahun. Ini keputusan yang sulit. Saya mengambil keputusan ini setelah menjalani observasi terakhir di Jepang," kata Chong Wei dalam konferensi pers tersebut. 

Ya, kesehatan menjadi alasan utama Chong Wei untuk memutuskan gantung raket. Setelah pulih dari kanker hidung setelah menjalani pemulihan di Taiwan, pebulutangkis 36 tahun itu sempat kembali berlatih selama beberapa bulan. Tapi, Chong Wei tak bisa menjalani latihan rutin. Bahkan, enam pekan terakhir dia tak muncul di pelatnas bulutangkis. 

Sambil menangis, ia mengaku keputusan itu adalah keputusan berat baginya namun ia tidak memiliki pilihan lain mengingat kondisi fisiknya. “Ini adalah keputusan berat namun saya tidak memiliki pilihan lain setelah konsultasi terakhir saya dengan para dokter di Jepang bulan lalu," ujar Chong Wei.

Dengan terbata-bata sambil menahan tangis ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Malaysia dan para pelatihnya. Dalam kesempatan itu ia juga berterima kasih pada istrinya Wong Mew Choo, yang juga seorang mantan pemain badminton dan sempat memenangkan dua medali emas SEA Games.

Chong Wei mengatakan kini ia ingin beristirahat dan menghabiskan waktu bersama istri dan kedua putranya, Kingston dan Terrance. Ia bahkan ingin mengajak istrinya berbulan madu. Perjalanan itu telah tertunda sejak pernikahan mereka pada 2012 lalu.

“Saya diberikan delapan pertanyaan mengenai kondisi saya dan hasilnya menunjukkan saya tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas berintensitas tinggi," katanya.

Chong Wei sering disebut sebagai pebulutangkis terbaik yang pernah dimiliki oleh Malaysia. Ia mampu membuktikan bisa tampil konsisten selama lebih dari satu dekade. Ia merupakan bagian dari era emas tunggal putra bersama Lin Dan, Peter Gade, dan Taufik Hidayat.

Lee Chong Wei termasuk pemain yang konsisten meskipun ia sering mendapat nasib kurang bagus di turnamen penting macam Kejuaraan Dunia, Olimpiade, dan Asian Games. Pernah tiga kali masuk final Olimpiade dan tiga kali masuk final Kejuaraan Dunia, namun semuanya tak pernah berujung gelar juara.

Lee Chong Wei adalah mantan pebulutangkis nomor satu dunia dan sering dilabeli sebagai raja super series. Chong Wei juga merupakan juara All England empat kali. Namun pada tahun lalu, Chong Wei didiagnosa menderita kanker dan harus absen berbulan-bulan untuk penyembuhan. 

Sakit tersebut tidak menghalangi Chong Wei untuk tetap berharap bisa tampil di Olimpiade 2020. Ia sangat penasaran karena belum pernah mengoleksi gelar bergengsi tersebut. Prestasi terbaiknya di ajang itu menjadi runner up sebanyak tiga kali, yaitu pada Olimpiade Beijing 2008, London 2012, dan Rio de Janeiro 2016.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00