• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Deva Korban Terakhir Mobil Terjun ke Sungai di Agam Akhirnya Ditemukan

13 June
20:33 2019
3 Votes (3.3)

KBRN, Bukittinggi : Empat hari pasca kejadian atau hari kelima pencarian, akhirrnya tim SAR gabungan dari Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Payakumbuh, serta pihak terkait lainnya, Kamis (13/6/2019), akhirnya menemukan korban terakhir atas nama Deva (6).

Deva ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, tepatnya di daerah Lubuah Pesong Jorong Tambun Ijuak, Kenagarian Koto Tangah Batu Hampa, Kabupaten Limapuluh Kotasekitar pukul 11.40 WIB. 

Korban ditemukan dalam keadaan terapung di pinggir sungai. Jasad korban yang dievakuasi oleh tim SAR gabungan langsung dibawa oleh pihak keluarga ke kampung halaman di Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Kepala Pos SAR Kabupaten Limapuluh Kota, Robi Saputra, kepada wartawan, menuturkan, korban ditemukan dengan posisi tertelungkup. Kondisinya sudah mulai membengkak. Lokasi penemuan tidak jauh dari lokasi penemuan korban sebelumnya di Tambun Ijuak.

Dengan ditemukannya Deva, operasi pencarian korban mobil Innova yang terjun di kawasan PLTA Batang Agam, Minggu (9/6/2019) lalu hari ini dihentikan.

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari membernarkan bahwa korban Deva ditemukan dekat titik mobil jatuh oleh tim Sru I.

“Pencarian hari kelima, tim gabungan dibagi menjadi 4 Sru. Sru I yang terdiri dari BPBD Payakumbuh melakukan pencarian di Ibuah ke PLTA dengan sistem penyisiran air,” terangnya. 

Sru II yang terdiri dari BPBD Agam dan Basarnas 50 Kota melakukan pencarian dari Ibuh ke Taram dengan sistem pencarian penyisiran darat dan air dengan menggunakan perahu dan ban dalam truck

Kemudian Sru III yang terdiri dari Basarnas, Merapi Adventure dan Sekber area pencariannya di TKM ke PLTA dengan sistem pencarian penyisiran darat. Sedangkan Sru IV terdiri dari Faji melakukan pencarian di Taram ke Lintau dengan  sistem penyisiran air dengan menggunakan perahu.

Diberitakan sebelumnya, dua penumpang mobil Toyota Innova dengan nomor Polisi BA 1751 BP atas nama Mulyati (56) dan Deva (6), yang terjun di kawasan PLTA Batang Agam, Minggu (9/6/2019), di perbatasan Kabupaten Limapuluh Kota dan dan Kabupaten Agam dinyatakan hilang, dan satu penumpang lainnya Putri Najwa (7) meninggal dunia

Tim gabungan langsung melakukan upaya pencarian walaupun saat itu sungai batang Agam sedang meluap karena intensitas hujan sangat tinggi. 

Di hari ketiga pencarian, Selasa (11/06/2019)  tim gabungan berhasil menemukan Mulyati (60) di Jorong Tambun ijuk dalam kondisi meninggal dunia. 

Kemudian korban selanjutnya, Deva (7) ditemukan di jorong yang sama dan hanya berjarak 300 meter dari tempat ditemukannya Mulyati. 

Sedangkan korban yang sudah berhasil dievakuasi dengan selamat sebanyak tujuh orang, yakni, Yesi Novita (40), Khairani (9), Putri Hidayah (11), Intan Okti Syaputri (23), M Alvin (19), Syafril (60), serta sopir Rasyid Akbar (19).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00