• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jokowi Tegaskan Tidak Main-main untuk Kepentingan Nasional

13 June
16:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo menegaskan, bahwa Indonesia bekerja sama dengan banyak negara, demi kepentingan nasional, tidak hanya mementingkan kerjasama dengan negara-negara tertentu. Kepala Negara mengatakan, posisi Indonesia netral, dan tidak memihak pada negara tertentu.

"Semua adalah untuk kepentingan nasional. (Isu keberpihakan ke salah satu negara besar) sengaja disemburkan : Jokowi antek asing, antek aseng, jelas semua tidak benar. Semua fitnah. Kita bekerjasama dengan semua negara : Timur Tengah, Saudi Arabia, Qatar, dengan semua kita baik. Dengan Uni Emirat Arab kita baik, dengan Arab kita baik, dengan Tiongkok kita baik, dengan Jepang kita baik, dengan Korea kita baik, dengan Amerika Serikat kita juga dekat, Eropa juga dekat. Saya kira kita semua ingin bekerja sama dalam rangka kepentingan nasional kita," ujar Presiden di Istana Merdeka Jakarta dalam rangka wawancara khusus dengan RRI pada Kamis (13/6/2019).

Kepala Negara mengatakan, posisi Indonesia netral, dan tidak memihak pada negara tertentu.

"Pegangan kita adalah tetap menomor satukan, mengedepankan kepentingan nasional. Dan sikap kita tegas. Misal dalam kasus pencurian ikan oleh kapal asing, kita tegas, tenggelamkan! Kemudian kita untuk kepentingan nasional kayak Freeport, kita negosiasi hampir 4 tahun, bisa akuisisi 51 persen jadi saham mayoritas, sekali lagi kita ngga main-main dalam hal kepentingan nasional, negara kita," tegas Presiden. 

Seperti diketahui, perang dagang antara negara adi daya Amerika Serikat dan Tiongkok membuat banyak negara berada dalam posisi serba tidak pasti. Di sisi lain, Indonesia mengambil keuntungan dari keadaan tersebut, dengan cara merebut pangsa pasar dari negara-negara asing, khususnya yang tidak diuntungkan dengan kondisi perang dagang antara 2 negara besar di dunia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00