• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Insiden Konyol, Petugas Pemadam Kebakaran Curi Mobil Damkar

13 June
15:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dilaporkan, satu unit mobil pompa kecil tipe 2500 milik Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Utara (Jakut) tiba-tiba hilang setelah ditinggal pengemudinya beberapa saat untuk ke kamar kecil (toilet). Kondisi mobil ditinggalkan dalam keadaan mesin menyala untuk dipanaskan dan itu rutin dilakukan setiap pagi.

"Pagi hari biasa panaskan mobil. Anggota ke toilet, tiba-tiba keluar mobil sudah tidak ada," kata Satriadi Gunawan, Kepala Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Kamis (13/6/2019), seperti dilansir Antara.

Ketika mengetahui mobil sudah tidak ada, semua anggota Sudin Damkar Jakarta Utara yang bermarkas di kawasan Sunter itu langsung berhamburan untuk sebisa mungkin mengejar mobil. 

Alhasil, dalam pengejaran, anggota akhirnya menemukan jejak tetesan air. Dan ketika diikuti, akhirnya membawa anggota ke posisi mobil Damkar di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. 

"Mobil akhirnya berhasil diamankan pada pukul 06.30 WIB," ujar Satriadi.

Anehnya, orang yang melarikan kendaraan adalah anggota Damkar juga, bernama Januar Darman alias JD (36), PNS Pemadam Kebakaran Jakarta Barat. Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat yang ditembuskan laporan insiden itu juga sudah melakukan penyelidikan terhadap pelaku JD. Menurut pihak Sudin Gulkarmat Jakbar, yang bersangkutan memang kerap berbuat 'nakal' di tempatnya bertugas.

Dan berdasarkan pemeriksaan Sudin Damkar Jakarta Utara sebelumnya, ketika pertama kali menangkap JD, pelaku mengaku melarikan kendaraan tersebut hanya untuk mengejar absensi kegiatan di wilayah Jakarta Barat.

Selain sudah ditangani Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, kasus ini juga sudah dilimpahkan ke polisi sebagai efek jera bagi pelaku. Saat ini JD sudah ditangani Polres Jakarta Utara.

"Tindak lanjutnya ditangani polisi," tandas Satriadi.

Sementara itu, menurut Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susatio, mobil Damkar dilaporkan hilang pukul 05.30 WIB. Dan setelah kejar-kejaran dengan petugas, akhirnya pelaku berhasil diringkus beserta barang bukti pada pukul 07.30 WIB.

"Kejar-kejaran sama anggota sampai masuk wilayah Sawah Besar, dia terus tancap gas. Akhirnya ketangkap juga pukul 07.30 WIB pagi tadi," kata Budhi Herdi, kepada wartawan, Kamis (13/6/2019).

Dalam pendalaman motif pelaku, dugaan kuat polisi, yang bersangkutan sudah mengetahui jaringan penadah mobil curian. Oleh karena itu dia nekat melarikan kendaraan operasional walaupun milik pemerintah (Sudin Damkar Jakarta Utara).

"(Dugaan sementara) dia ada jaringan. Masih pendalaman," pungkas Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susatio. (Foto: DET/Dokumentasi Polres Jakarta Utara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00