• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Feri Penyebrangan Karam di Mahulu, 5 Motor dan 1 Mobil Tenggelam di Sungai Mahakam

13 June
12:48 2019
2 Votes (5)

KBRN, Sendawar: Sebuah Kapal Feri penyebrangan yang mengangkut Kendaraan dan Penumpang Karam di sungai Mahakam, tepatnya di Kampung Long Bagun Ilir, Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Rabu (12/6/2019), sekitar pukul 16.00 Wita.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Long Bagun Iptu. Purwanto saat dikonfirmasi RRI, Kamis (13/6/2019) menyebutkan, Kapal Feri penyebrangan tersebut menggunakan mesin Long Boat 40 HP dan Ketinting (Ces) MZ 12 HP.

Dikemudikan oleh motoris dengan nama Agustinus Lejau dan Kernet Antonius Ali Ngo. memuat kendaraan jenis Roda 2 sebanyak 6 Unit, dan 1 Unit Kendaraan Roda 4, beserta penumpang (Pemilik kendaraan) sebanyak 7 Orang.

Karamnya kapal Feri tersebut, lanjut Iptu Purwanto karena mesin kapal mendadak mati, menyebabkan air masuk dari dapan kapal, seingga musibahpun tidak terhindarkan.

Ia menambahkan, tidak ada Korban Jiwa dalam musibah karamnya kapal feri itu, namun 5 dari 6 Unit motor dan 1 Mobil jenis Triton tenggelam di sungai Mahakam. Sedangkan 1 motor lainnya berhasil ditemukan sesaat setelah kejadian.

“Jadi pas nyebrang, Feri ini muat mobil Triton satu, kebetulan mobil ini juga sedang memuat satu motor untuk nyebrang ke Kampung Batu Majang. Selain itu. dibelakang mobol itu ada tiga motor, dan didepan ada dua motor. Jadi setelah jalan beberapa menit, mesin kapalnya itu mati, karena posisi mobil ini berada di depan, ya beratkan, jadi airnya masuk dari depan juga, sampai karam. Penumpang selamat semua, kendaraannya lima motor dan satu mobil tenggelam ”tambahkanya

Saat ini menurut Iptu. Purwanto, motoris kapal feri sudah diamankan di Polsek Long Bagun, dan rencananya hari ini akan dipertemukan dengan para pemilik kendaraan untuk diminta petanggung jawabannya.

“Ya disini tak ketemukanlah, bagaimana tanggungjawabnya, gitu aja. Korban jiwakan tidak ada. Motorisnya aja, apa dia mau tanggung jawab atau tidak, terus yang hilang ini bagaimana, tapi kalau yang mobil ini sepertinya asuransi,”ungkapnya.

Atas kejadian ini, Ia menghimbau kepada Pemilik dan motoris kapal feri di Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaisya tersebut agar lebih berhati-hati, memperhatikan kondisi muatan guna menghindari kejadian serupa terunlang kembali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00