• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

MK Siap Gelar Sidang Perdana Pilpres Pemeriksaan Pendahuluan

13 June
12:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sidang perdana sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan diselenggarakan besok Jum'at (14/6/2019), Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono menyatakan MK siap melakukan sidang perdana sengketa Pilpres dengan agenda pemeriksaan pendahuluan yang hanya menghadirkan pemohon dari Tim Kuasa Hukum Paslon Capres dan Cawapres nomer urut nol dua.

Fajar Laksono mengatakan tidak ada agenda hari ini dari pihak pemohon, termohon maupun pihak terkait, namun sejumlah alat bukti dari termohon yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih diangkut ke MK sejak kemarin. Sementara permohonan perbaikan dan alat bukti dari pemohon yaitu Tim Kuasa Hukum Paslon Capres dan Cawapres Prabowo-Sandi kemarin telah diserahkan ke MK. Dengan ini, MK telah siap melakukan sidang perdana sengketa Pilpres besok pukul 09.00 WIB.

"Besok pemeriksaan pendahuluan, hanya pemohon, termohon hari ini nanti melengkapi alat bukti dari kemarin, ada 272 box berkas bukti, karena mereka mempunyai kesempatan menyerahkan jawaban termohon kemarin ini alat buktinya, perkara diperiksa di persidangan, besok itu apa yang disampaikan," ungkap Fajar Laksono kepada wartawan di Gedung MK, Jakarta pada Jum'at (14/6/2019).

Sementara itu, terkait keamanan di dalam dan di luar Gedung MK, TNI dan Polri hari ini telah melakukan apel bersama persiapan pengamanan sidang perdana sengketa Pilpres di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Sebanyak 12 ribu personil gabungan akan mengamankan selama persidangan sengketa Pilpres di MK berlangsung.

MK mempunyai waktu 14 hari kerja untuk melakukan persidangan, dimana pada Jum'at (28/6/2019) MK akan mengumumkan hasil persidangan apakah dikabulkan atau ditolak.(QQ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00