• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Petinggi PPP Soal Fakta Sidang Tipikor seret Lukman Hakim Saifuddin

13 June
11:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pengadilan Tipikor Jakarta baru saja menggelar sidang tersangka Haris Hasanuddin, dalam kasus suap penempatan jabatan strategis Kementerian Agama RI (Kemenag RI), yang juga menyeret mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romy sebagai tersangka.

Dalam persidangan yang berlangsung  Rabu 12 Mei 2019, Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) RI Nur Kholis Setiawan hadir sebagai saksi dan meninggalkan fakta persidangan bahwa Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin diduga 'pasang badan' untuk Haris Hasanuddin, yang saat itu ikut seleksi posisi Kakanwil Kemenag Jawa Timur (Jatim). 

Makna 'pasang badan' yang disebutkan Nur Kholis diduga sebagai pembelaan Lukman Saifuddin kepada Haris, yang dianggap melanggar hukum disiplin KASN.

Artinya, ada indikasi atau dugaan juga bahwa Lukman Saifuddin 'ngotot' memperjuangkan Haris Hasanuddin untuk duduk sebagai Kakanwil Kemenag Jatim. Mengapa demikian? Persidangan masih akan berlanjut.

Pada bagian lain, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengatakan, pihaknya tidak percaya apabila ada yang mengatakan bahwa Menteri Agama RI, yang juga sekaligus kader PPP, Lukman Hakim Saifuddin, bersikeras meloloskan Haris Hasanudin dalam proses seleksi sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur. 

Hal itu dikatakan Baidowi merespons kesaksian Sekjen Kemenag RI Nur Kholis di Pengadilan Tipikor, kemarin. Nur Kholis bahkan sempat menyatakan seharusnya Haris tak memenuhi syarat untuk lolos karena sesuai track record, ia pernah mendapat sanksi. 

"Kami menyangsikan klaim tersebut. Tapi itu sudah masuk ranah persidangan, biarlah fakta persidangan yang membukanya. Karena penanganan perkara hukum itu berdasarkan alat bukti, bukan pengakuan," sebut Baidowi seperti dilansir CNNIndonesia, Kamis (13/6/2019).

Pernyataan Baidowi sudah menjelaskan posisi PPP dalam menghadapi tuduhan bertubi-tubi yang menerpa kadernya, Lukman Hakim Saifuddin. Artinya, PPP menyerahkan sepenuhnya pada pembuktian fakta di persidangan soal tuduhan sepihak Nur Kholis.

Sementara itu, secara terpisah, ketika dikonfirmasikan mengenai keadaan Lukman Saifuddin saat ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PPP Arsul Sani tidak mau terlalu dalam masuk ke pusaran pro-kontra kesaksian Nur Kholis. Karena baginya, dari semua pernyataan saksi, rumor, tudingan, sampai fakta persidangan, kebenarannya ada pada diri Lukman Saifuddin seorang.

"Yang tahu Mas Lukman," ujarnya singkat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00