• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Persiapan KPU sambut Sidang Gugat Hasil Pemilu 2019

13 June
09:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menjelang persidangan gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK), kubu terlapor, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan momen tersebut sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja KPU selama proses pemilu berlangsung. KPU juga melihat posisinya bukan sebagai terlapor seperti persidangan pada umumnya namun sebagai termohon.

"Jadi istilahnya bukan pelapor dan terlapor tapi pemohon dan termohon, KPU posisinya sebagai termohon. Jadi gugatan ke MK terhadap hasil pemilu itu adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban ya karena salah satu azas penyelenggara pemilu adalah akuntabilitas, dalam persidangan ini KPU mempertanggungjawabkan hasil kerjanya," ucap Komisioner Komisi Pemilihan Umum Pusat, Hasyim Asyari dalam Dialog Pro 3 RRI, Kamis (13/6/2019).

Persiapan menghadapi persidangan perselisihan hasil pemilu pilpres 2019 memang dinyatakan Hasyim dalam rangka menunjukkan akuntabilitas atau pertanggungjawaban kinerja KPU dalam menyelenggarakan pilpres 2019. Maka, pihaknya juga menyiapkan segala keperluan mulai dari bukti fisik hingga saksi dan tenaga ahli.

"Nah KPU sudah menyiapkan kuasa hukum, menyiapkan jawaban, dan menyiapkan alat bukti, yang sudah disampaikan ke MK alat buktinya adalah dokumen-dokumen. Nanti ada juga kalau memang diperlukan alat bukti berupa saksi dan juga keterangan ahli tapi nanti kita tapi nanti kita pertimbangkan berikutnya kalau memang diperlukan," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00