• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Peningkatan Indeks Kelompok Pengeluaran Penyebab Inflasi Bukittinggi pada Mei 2019

12 June
22:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Berdasarkan data yang dihimpun melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bukittinggi, peningkatan indeks pada seluruh kelompok pengeluaran, menjadi penyebab inflasi sebesar 0,78 persen pada Mei 2019.

Kepala BPS Bukittinggi Mukhlis, menjelaskan, pada umumnya seluruh kelompok pengeluaran mengalami kenaikan harga, karena bertepatan dengan momen Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Kelompok pengeluaran itu meliputi bahan makanan, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar,” terangnya, Rabu (12/6/2019).

Berikut kelompok sandang, kesehatan, pendidikan, rekreasi dan olahraga, serta kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan.

Menurut Mukhlis, dari seluruh kelompok tersebut, komoditas yang mengalami peningkatan harga selama Mei 2019 yakni cabe merah, kentang, daging ayam ras, bawang putih, jeruk, belut, gula pasir, angkutan antarkota, komputer jinjing, petai, tarif pulsa ponsel, tarif kendaraan travel dan lainnya.

“Sementara beberapa komoditas mengalami penurunan harga yaitu ikan tongkol, bawang merah, beras, minyak goreng dan ikan tuna,” ulasnya.

Mukhlis menambahkan, dari 82 kota indeksi harga konsumen (IHK), Bukittinggi berada di urutan ke-15 di Pulau Sumatera dan urutan ke-34 di Indonesia yang mengalami inflasi.

“Tingkat perubahan IHK menggambarkan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian, makin tinggi inflasi maka makin rendah nilai uang dan daya beli,” ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00