• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Warga Perbatasan RI-PNG Serahkan Senpi Kepada Satgas Yonif 725/Wrg

12 June
21:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Seorang warga Distrik Arso, Kabupaten Keerom Provinsi Papua secara sukarela menyerahkan 2 (Dua) pucuk senjata api rakitan serta 4 (Empat) butir munisi kepada anggota Pos Kout Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Wrg pimpinan Wadansatgas Yonif 725/Wrg Mayor Inf Basuki Rahmat.

Dansatgas Yonif 725/Wrg Letkol Inf Hendry Ginting S., S.I.P., mengatakan saat itu Satgas Yonif 725/Wrg tengah melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG di wilayah Sektor Utara Papua dari Kabupaten Keerom sampai dengan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikesempatan itu Satgas Pos Kout dipimpin Mayor Inf Basuki Rahmat menerima senjata api rakitan yang diserahkan seorang warga dari Distrik Arso, Kab. Keerom, berinisial X (Yang bersangkutan tidak berkenan untuk dipublikasikan identitasnya).

"Yang bersangkutan secara sukarela datang ke Pos Kout Satgas Yonif 725/Wrg bertemu dengan Wadansatgas dengan tujuan untuk menyerahkan senjata api rakitan jenis Revolver dan MP 5 laras pendek serta munisi sebanyak empat butir kaliber 9 Mm," ujar Letkol Hendry Ginting kepada RRI, Rabu (12/6/2019).

Dansatgas Letkol Inf Hendry juga menyatakan penyerahan senjata api rakitan yang dilakukan seorang warga tersebut merupakan kesadaran masyarakat itu sendiri, karena anggota Pos Kout kerap memberikan pemahaman tentang hukum dan menyampaikan secara rutin bahkan rumah ke rumah, agar trauma maupun kepercayaan kembali terjalin antara masyarakat dengan aparat terkait, dengan penyampaian secara persuasif tersebut membuat masyarakat lebih mudah menerimanya.

"Melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) serta pendekatan secara kekeluargaan yang dilakukan oleh Wadansatgas bersama dengan anggota lainnya berhasil menggerakkan hati masyarakat, terlebih lagi dengan keberadaannya yang memberikan rasa aman dan damai kepada masyarakat, maka dengan sukarela bersedia menyerahkan senjata api rakitan yang dimilikinya kepada anggota Satgas Yonif 725/Wrg," pungkasnya.

Keberhasilan anggota dalam menggalang masyarakat untuk menyerahkan senjata api rakitan yang dimilikinya secara sukarela membuktikan bahwa dengan adanya Pos jajaran Satgas Yonif 725/Wrg telah diterima dengan baik oleh masyarakat, hal ini juga merupakan wujud dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00