• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Keseruan Lebaran Warga Situbondo di Penghujung Lebaran 1440 H

12 June
20:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo : Lebaran boleh usai, namun keseruan rangkaian kegiatan Lebaran masih terasa hingga H+7. Seperti yang menjadi kebiasaan masyarakat Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji, Situbondo, Jawa Timur.

Warga berduyun-duyun mendatangi setiap rumah untuk bertamu dan mencicipi kue Lebaran. Ini sudah menjadi tradisi turun temurun, khususnya bagi warga di RT/RW : 03/07 Kelurahan Mimbaan.

"Kita mulai dari rumah paling ujung hingga ke ujung lagi," kata Endang, salah seorang warga yang ikut silaturrahim dari rumah ke rumah, Rabu (12/6/2019) malam.

Suasana meriah menjadi ciri khas acara bertamu yang dikenal dengan 'open house' itu. Senda gurau, senyum dan tawa riang warga sesekali memekak telinga.

"Yang bermusuhan bisa berdamai," ujarnya.


Masyarakat Situbondo mayoritas suku Madura, tradisi Madura otomatis diadopsi masyarakat Situbondo, dimana Lebaran akan ditutup dengan Hari Raya Ketupat pada H+7 Lebaran. 

"Usai Lebaran Ketupat, kita berbondong-bondong bertandang ke setiap rumah," tegas Anik, warga yang juga ikut rombongan acara 'open house'. 

Anik berharap tradisi ini terus dilakukan, karena selain mempererat tali persaudaraan dengan tetangga terdekat, juga memupuk rasa kebersamaan dan kasih sayang.

"Semoga generasi selanjutnya tetap mempertahankan tradisi ini," tandasnya.

Pantauan RRI, anak-anak hingga dewasa ikut iring-iringan open house yang dimulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Wajah berseri dan senyum lebar mewarnai acara silaturrahim yang berlangsung meriah namun khidmat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00