• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

MK Persiapan Sidang Sengketa Pilpres, Apakah Paslon 01 dan 02 Hadir?

12 June
14:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sidang perdana sengketa Pilpres 2019 antara Pemohon yakni Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 02, Prabowo-Sandi dengan Paslon nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin akan berlangsung di Gadung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juni 2019 mendatang.

Menurut pantauan RRI, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah mempersiapkan segalanya, mulai ruangan sidAng, ruang tunggu, ruang VIP, hingga tempat peliputan bagi media elektronik, Rabu (12/6/2019).

Menurut Dedi dari MKTV, ada kemungkinan Paslon 02, Prabowo-Sandi hadir mengikuti sidang perdana tersebut. Tapi jadi semakin menarik, kabar yang berkembang kuat adalah Paslon 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin juga bakal datang.

"Tapi belum ada konfirmasi," jelas Dedi, Rabu (12/6/2019).

Sebelumnya, untuk pengamanan sidang perdana, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono memastikan bakal menyiapkan 47 ribu personel gabungan. 

“Untuk MK saja ada 12 ribu personel. Pada tempat-tempat kerawanan yang lain tetapi kami tambah keamanan. Keseluruhan itu berjumlah lebih kurang 47 ribu personel. Itu dengan polres-polres yang ada, kemudian juga kodim-kodim yang ada,” ujarnya di Mahkamah Konstitusi, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019) kemarin.

Selain itu akan ada beberapa ruas jalan yang ditutup di sekitar MK. Salah satu ruas jalan yang ditutup adalah Jl Medan Merdeka Barat hingga depan Museum Gajah.

“Memang ada beberapa ruas jalan kita lakukan penutupan seperti di Jalan Merdeka Barat seperti di Merdeka Barat, utara, Harmoni, itu kita lakukan penutupan jalan supaya memberikan rasa aman dan nyaman juga yang melakukan persidangan, baik termohon, pemohon, ketua dan masyarakat itu kita antisipasilah,” ujarnya.

Pihak keamanan juga akan melakukan penyekatan dan sudah mempersiapkan kawat berduri tepat di depan gedung MK. Gatot menyebutkan juga, massa pendukung tidak bisa memasuki ruangan sidang. Nantinya hanya pihak tertentu dari masing-masing pihak yang dapat memasuki ruangan sidang.

Pada bagian lain, pihak Mahkamah Konstitusi juga akan menyiapkan layar lebar agar massa pendukung bisa nonton bareng (nobar) mengenai jalannya sidang di dalam. (Foto: RRI)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00