• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Jabatan Maruf Amin Dipersoalkan, Refly Harun: MK Tak Punya Yurisprudensi di Pilpres!

12 June
14:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun mengatakan, sesuai dengan yurisprudensi atau keputusan-keputusan dari hakim terdahulu, Mahkamah Konstitusi (MK) tak pernah sekalipun mendiskualifikasi kontestan Pemilu Presiden (Pilpres).

Yang ada menurut dia, MK hanya pernah mendiskualifikasi calon anggota legislatif dan calon kepala daerah yang tak memenuhi persyaratan pencalonan sesuai dengan yang diatur oleh Undang-Undang 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Sehingga kita tidak bisa belajar banyak dari keputusan Pilpres. Tapi pembelajaran itu dari putusan Pilkada dan Pileg," katanya saat diwawancarai oleh Radio Republik Indonesia melalui sambungan telepon, Rabu (12/6/2019).

Meski demikian, dia mengaku sama sekali tak ingin mendikte MK untuk menerima atau tidak perbaikan permohon sengketa hasil Pilpres 2019 yang diajukan ole Tim Hikum Prabowo-Sandiaga.

Pasalnya menurut dia, posisi calon wakil presiden KH Maruf Amin sebagai Dewan Pengawas Syariah (DSP) Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah dianggap memenuhi syarat sebagai cawapres atau tidak masih bisa diperdebatkan. 

"Apakah KH Maruf Amin memenuhi persyaratan atau tidak, saya tidak ingin mendikte. Karena tadi saya bilang open to debate," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00