• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Pansel Capim Mendorong Kalangan Komisioner dan Internal KPK Daftar Capim KPK

12 June
14:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK mendorong komisioner KPK yang saat ini menjabat dan kalangan internal lainnya untuk maju dan mendaftar secabagi calon pemimpin KPK Jilid 5.

"Ya jelas kami mendorong, selain minta rekam jejak, minta masukan kami juga mendorong siapa yang bagus siapa yang mau dicalonkan bahkan tadi selain dari komisioner juga ada penasihat kemudian dari staf yang lain juga ada. Jadi, kami dorong itu dan minta," kata Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK periode 2019-2023 Yenti Ganarsih Rabu (12/06/2019).

Hal tersebut disampaikannya usai bertemu dengan tiga pimpinan KPK yaitu Basaria Panjaitan, Saut Situmorang, dan Alexander Marwata di gedung KPK, dalam pembahasan calon pimpinan berikutnya.

Yenti pun juga menyatakan pihaknya berdikusi tentang komponen komposisi pimpinan yang ada saat ini.

"Kita juga bertanya komponen komposisi sekarang ini bagaimana gitu ya. Kita sudah dengarkan tadi komposisi sekarang yang ada polisi tapi tidak ada Jaksa itu mereka sampaikan kepada saya pada kami. Tapi kita tidak akan sampaikan pada anda semua."

"Tetapi kita akan oleh dulu tentang komposisi itu. yang jelas undang-undang mengatakan bahwa komisioner terdiri dari unsur pemerintah dan unsur masyarakat. jadi harus dua itu, tidak mungkin tidak ada unsur pemerintah" lanjut Yenti.

Dalam kesempatan sama, Saut Situmorang merekomendasikan tiga pimpinan KPK yang saat ini menjabat untuk mendaftar kembali menjadi calon pimpinan KPK yaitu Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, dan Alexander Marwata.

"Saya ajukan tiga orang lagi daftar ulang. Saya calonkan lagi Pak Laode, Bu Basaria, Pak Alex," ucap Saut.

Saat dikonfirmasi oleh awak media apakah akan daftar kembali sebagai calon pimpinan KPK, Saut menyatakan tidak akan maju kembali pada periode mendatang.

"Saya tidak. Saya mau main-main, mau nanam ubi jalar," kata dia.

Pendaftaran capim KPK diselenggarakan mulai 17 Juni sampai 4 Juli 2019.

Bagi para calon yang berminat mengikuti seleksi calon pimpinan KPK dapat menyampaikan langsung berkas pendaftaran kepada Sekretariat Pansel Calon Pimpinan KPK, Kemensetneg Gedung 1 lantai 2 Jln. Veteran Nomor 18 Jakarta Pusat 10110 pukul 09.00-15.00 WIB pada hari kerja atau melalui email ke alamat panselkpk2019@setneg.go.id.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00