• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkab Pandeglang Rahasiakan Nama-nama Pengusaha Calon Penyalur BPNT

12 June
13:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pandeglang : Pemerintah Kabupaten Pandeglang masih menutup rapat-rapat calon penyedia Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Meski sudah beberapa kali melakukan pembahasan, namun Pemkab tetap merahasiakan calon supplier.

Sekda Pandeglang, Fery Hasanudin mengatakan, mekanisme sengaja dirahasiakan dengan dalih agar fair dan profesional. Fery menjelaskan pihaknya mengacu pada pidum, biar tidak ada permainan. Namun tetap saja Fery masih bungkam soal mekanisme yang akan dilaksanakan.

"Mekanisme dan sebagiannya saya rahasiakan ini, supaya ini lebih fair dan profesional. Kami pengacu pada pidum, biar ini fair tidak ada main, kalau tadi dikatakan apa mekanismenya nanti aja," katanya, Rabu (12/6/2019).

Walaupun didesak, Fery bersikukuh tidak ingin membeberkan mekanismenya dengan alasan karena ingin menjaga obyektifitas dan profesional dalam menentukan supplier. Termasuk saat ditanya jumlah pengusaha yang sudah mengajukan.

"Sekarang ini hanya merumuskan untuk persiapan nanti penetuan untuk supplier. Kalau perusahaan yang masuk banyak, tim juga sudah melakukan verifikasi kepada perusahaan yang ikut baik itu dari pengalaman dan bonafit. BUMD juga boleh ikut," katanya.

Kendati demikian, Sekda memastikan bahwa menjamin tim verifikasi akan bersikap profesional dalam menetapkan pengusaha yang menjadi supplier.

"Sudah saya sampaikan tadi ke tim verifikasi agar profesional. Pokoknya ada mekanismenya," ujarnya sambil berlalu.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, Tati Suwagiharti. Tati masih menutup rapat siapa saja yang sudah terdaftar sebagai penyalur BPNT.

Tati cuma menyebut jika tim verifikasi berasal dari lingkungan Pemkab Pandeglang yang terdiri atas Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinsos.

"Tim verifikasi orang Pemda doang semuanya," kata Tati.

Dalam penentuan untuk penyedia itu tambah dia, kriteria yang harus dipenuhi meliputi administrasi seperti rekam jejak pengalaman dan bonafit tidak perusahaan yang bersedia. Sedangkan penerima bantuan pengganti Rastra itu di Pandeglang mencapai 98.056 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Siapa yang akan menjadi supplier-nya, pak Sekda selalu mengatakan sistem. Nanti sistem yang menentukan," kilahnya.

Adapun berdasarkan data terakhir, jumlah pengusaha bersaing untuk menjadi penyuplai kebutuhan pokok bagi masyarakat Kabupaten Pandeglang yang akan mendapatkan program BPNT sebanyak delapan pengusaha. Mereka akan bersaing menjadi penyuplai utama kebutuhan masyarakat penerima bantuan.

Sistem yang akan diterapkan yakni pengusaha akan mensuplai kebutuhan pokok berupa beras dan telur ke pemilik warung yang terdaftar sebagai e-Warung. Sejauh ini dari catatan terakhir, baru ada 280 warung di Pandeglang yang mengajukan diri untuk menjadi mitra penyaluran progam BPNT.

  • Tentang Penulis

    Dendy Fachreinsyah

    Reporter di Stasiun Produksi RRI Banten. Penganut seni berdistorsi.

  • Tentang Editor

    Azis Zulkarnaen

    Editor RRI Bandung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00