• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sempat Diharga 100 ribu, Cabe Merah Hari Ini mencapai 40 Ribu

12 June
12:33 2019
0 Votes (0)

KBRN:Jambi. Memasuki sepekan pasca lebaran (12/6/2019) harga kebutuhan pokok masyarakat di Jambi terutama cabe merah alami kenaikan Rp. 10 ribu dari harga sebelumnya yakni Selasa (11/6/2019) kemarin.

Hasil monitoring Disperindag provinsi Jambi menunjukkan harga cabe merah besar di tiga pasar yakni Angso Duo,  Talang Banjar dan Simpang Pulai menujukkan harga Rp. 38 ribu dari harga sebelumnya Rp. 28 ribu sedangkan cabe merah keriting diharga Rp. 40 ribu dari Rp. 30 ribu per kilogramnya.

Dikonfirmasi hal ini,  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Jambi Ariansyah menyebutkan kenaikan harga ini terbilang masih wajar,  pasalnya jelang lebaran harga cabe mencapai Rp. 100 ribu. 

"memang pada saat puasa menjelang lebaran kita melakukan sidak dalam memastikan stabilitas harha kemudian ketersediaan Bapok dan alhamdulillah pada saat itu memang di harga stabil kemudian stok aman sedang memasuki lebaran kita tahu di lebaran ini banyak pedagang yang cuti,pulang kampung dan harga memang sempat naik terutama cabe sampai Rp100.000 dan H plus 4 (9/6/2019) harga sudah turun dan saat ini posisi harga cabe di Rp 38.000 ini kita anggap masih wajar , yang tidak wajarnya pada saat Rp100.000 ," ungkap Ariansyah yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/6/2019).

Terkait hal ini,  Pihaknya menerangkan pemerintah memang tidak bisa  melakukan intervensi karena memang  situasinya memang tidak ada pedagang yang menjual sehingga yang menjual kebanyakan pedagang dari Sumatera Utara, namun ditegaskan Ariansyah untuk daging ayam justru menujukkan penurunan di hari (Rabu) ini. " posisi daging ayam saat ini perlu kami sampaikan diharga Rp. 34 ribu ,dibawah HET Rp. 35 ribu setelah sebelumnya pernah  H +2 lebaran itu sampai dengan 40 ribuan, "lanjutnya.  

Tidak hanya turun harga namun diyakinkan kesediaan stock daging ayam aman dan harga stabil.

Sementara itu, terkait varian harga dari sejumlah pasar di kota Jambi,  pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar berlaku cerdas.  "masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas belanja di pasar yang dianggap pasar itu menjual diharga normal seperti Angso duo,  Simpang pulai, Talang Banjar itu pasar yang kita amati tetapi memang ada beberapa pasar yang menjual dengan harga tinggi karena memang ada margin yang diambil diatas rata-rata, " pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00