• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Meriahnya Festival Ketupat Raksasa di Pamekasan

12 June
12:02 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pamekasan : Festival ketupat raksasa di wisata pantai Talang Siring, Pamekasan menambah kemeriahan perayaan lebaran ketupat 2019. 

Event yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat itu, langsung menarik antusiasme pengunjung di pantai yang terletak di Desa Montok, Kecamatan Larangan. 

Kabid Pariwisata Disparbud Pamekasan, Halifaturrahman mengatakan, tujuan dari festival raksasa itu untuk melestarikan lebaran ketupat yang ada di Madura khususnya di Pamekasan. 

“Dan juga kami mohon kepada para pengrajin ketupat untuk lebih kreatif dan berkreasi lebih baik lagi, maka dalam momentum hari raya ketupat, kita laksanakan festival ketupat raksasa, sekaligus kami tempatkan di destinasi wisata Talang Siring sebagai promosi pantai Talang Siring sebagai salah destinasi wisata yang sedang kami kembangkan,” ucapnya, Rabu (12/6/2019). 

Menurutnya, festival ketupat raksasa itu baru pertama kali digelar di Pamekasan, dan kedepan akan dijadikan agenda tahunan. 

Ia menambahkan, dari 20 ketupat yang dinilai, hanya ada dua ketupat yang memenuhi ketentuan sebagai ketupat raksasa, dan dua pemenang itu mendapat piala serta uang. 

Adapun ketupat raksasa yang meraih juara pertama berdiameter 105 cm, dengan panjang 44 cm dan lebar 42 cm yang dbuat oleh Sukri warga asal Desa Sokalelah, Kecamatan Kadur. 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00