• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Update Terkini Kondisi Banjir di Konawe Utara

12 June
10:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komandan Kodim Dandim 1417 Kendari, Letkol CPN Fajar Luvty mengatakan, banjir di Konawe Utara meluas sampai di 6 Kecamatan dan 42 Desa kejadiannya yang dimulai tanggal 2 Juni 2019 sebelum pesawat helikopter datang 3 hari yang lalu ada 3 Kecamatan yang kemudian terisolir yaitu kecamatan Wiwirano, kecamatan Landawe dan Kecamatan Langgikima.

"Helikopter sudah tiga hari berada di Konawe Utara bantuan dari Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni monardo dan sekarang sudah bisa masuk ke tempat tersebut walaupun masih ada beberapa daerah Desa lagi yang kemudian perlu masuk ke sana namun karena cuaca luar biasa rontok ada dimana, tetapi ketika cuaca bagus kita segera memberikan bantuan," ungkapnya kepada Pro3 RRI, Rabu (12/6/2019).

Dikatakan Fajar, kecamatan-kecamatan Konawe utara terputus-putus tetapi masih ada beberapa daerah-daerah yang yang berada di ketinggian tidak terkena banjir, kemudian desa-desa dan kelurahan tersebut tidak lagi memiliki stok bensin dan gas juga obat-obatan.

Dalam temuannya, masyarakat ada yang sakit namun sekarang pihaknya sudah berhasil mengevakuasi 6 penduduk yang sakit kemudian pagi hari ada 2 orang ibu hamil yang kemudian berhasil melahirkan dengan selamat.

Sedangkan untuk kebutuhan masyarakat yang terpenting adalah  Sembako, pakaian dalam wanita, susu, makanan bayi, makanan Balita, Karpet, Tikar, gas dan bensin karena seluruh kendaraan lumpuh.

Pihaknya mendapati laporan berdasarkan data BMKG untuk 3 hari ke depan terjadi setiap hari hujan walau tidak lebat seperti kedua lebaran.

Fajar juga mengapresiasi kerja dari Bupati Konawe Utara yang dinilainya luar biasa dalam memberikan bantuan begitu juga perhatian dari pusat dalam hal ini Pemerintah provinsi Panglima Kodam, Kepala BNPB dan beberapa Kementerian-Kementerian Sosial Yang bantuan bantuan tersebut ini mengalir-mengalir cukup deras.

"Dan mudah-mudahan dalam beberapa jika cuaca hari ini mendukung kita dapat salurkan bantuan ke tempat tujuan," jelasnya.

Menurutnya melihat di Konawe Utara, memang perlu dibangun bendungan yang cukup besar agar tidak lagi membahayakan untuk masyarakat yang tinggal disana.

"Mungkin pemerintah disana perlu meningkatkan fasilitas gorong-gorong air karena ini masih kurang," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00