• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kuasa Hukum Tim Mawar Menilai, Judul Majalah Tempo Terlalu Tendensius

12 June
08:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kuasa Hukum Tim Mawar, Herdiansyah mengakui, mantan Komandan Tim Mawar Mayjen TNI (Purn) Chairawan, merasa keberatan dengan pemberitaan tempo edisi tanggal 10 Juni 2019.

Dimana, menurut Chairawan dan tim kuasa hukum, judul itu terlalu tendensius dan langsung menuduh bahwa Tim Mawar, terlibat kerusuhan di Sarinah.

"Jadi beliau sangat keberatan bahwa tim Mawar itu sudah tidak ada sejak tahun 99 dengan adanya putusan pengadilan tinggi bahwa tim Mawar sudah bubar," jelasnya dalam perbicangan bersama Pro3 RRI, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, Tempo terlalu dini dalam menuliskan hal tersebut, tanpa sebelum adanya penyidikan atau pendirian dari pihak polisi, sebab Polisi belum menjelaskan keterlibatannya

"Jadi kalau ke dewan pers, sesuai UU Pers karena itu produk jurnalistik dan yang ke Bareksrim kita minta pertanggung jawaban juga jangan semua media berlindung di undang-undang Pers dengan mengatakan produk jurnalistik segala macem tapi bisa membuat berita yang langsung menuduh memframing sesuatu masalah," paparnya.

"Kita sama-sama untuk belajar berdemokrasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada jadi ini pembelajaran bagi kita ini kan masyarakat sekarang dalam situasi politik sekarang seperti ini, apalagi sekelas Tempo malah mengipas-ngipas," ketusnya.

Dia mengungkapkan Dewan pers positife karena, dan pihaknya akan dipertemukan dengan Tempo pada selasa depan.

"Apakah benar narsum yang terkait pernah memberikan transitnya ataupun memberikan narasumbernya itu yang kita pertanyakan dari mana Tempo mendapatkan Narsumber karena UU pers mengatakan jelas, harus jelas narsumnya datanya jelas, ada kroscek data inikan tidak ada sama sekali," keluhnya.

Dalam tuntutannya, Chairawan menuntut ditindak tegas, termasuk saksi pidana, karena menyangkut berita bohong.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00