• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ubud Bakal Jadi Destinasi Gastronomi Internasional

11 June
21:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Pulau Dewata masih menyimpan lokasi wisata yang eksotik. Yang terbaru adalah tentang Ubud yang bakal menjadi destinasi wisata kuliner berkelas internasional. Lembaga Dunia untuk pariwisata UNWTO sendiri mengapresiasi Indonesia yang terpilih menjadi prototype gastronomi titik pertama di dunia. Titik itu ada di Ubud.

Ubud yang ada di Gianyar selangkah lagi bakal segera ditetapkan sebagai destinasi gastronomi berstandar global atau destinasi wisata kuliner oleh organisasi pariwisata dunia atau UN World Tourism Organization (UNWTO) .

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang menghadiri jumpa pers bertajuk Ubud & Gianyar UNWTO Prototype Gastronomi Destination di Gedung Kementerian Pariwisata Jakarta mengatakan, program yang di kerjakan oleh kementerian pariwisata dan UNWTO memasuki tahapan penting yaitu kunjungan untuk melakukan pendalaman dan penilaian atas destinasi yang di usulkan oleh Kementerian Pariwisata sejak 2017 ini.

"Verifikasi tim UNWTO akan bekerja selama lebih kurang satu minggu di destinasi yang sangat siap menjadi destinasi gastronomi kelas dunia ini,” ujar Menteri Arief di Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (11/06/2019).

Tahap ini disebut sebagai tahap pengembangan produk wisata gastronomi di Ubud, dimana tahap ini akan banyak melibatkan peran pemerintah Kabupaten Gianyar, dan pelaku industri pariwisata.

Lebih rinci Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Vita Datau Messakh mengatakan ada tiga tahapan penting dalam proses mengangkat ubud menjadi destinasi gastronomi dunia. 

Pertama, adalah melakukan investarisasi aset dan atraksi gastronomi termasuk memetakan kesiapan industri dan pelaku usaha yang kemudian dibukukan dalam sebuah laporan dan diajukan ke UNWTO.

Kedua, penilaian oleh UNWTO dan dilakukan kick off proses verifikasi dan analisis melalui  metode yang cukup detail termasuk wawancara kepada semua stakeholders gastronomi, food and beverages, produsen, hotel, restaurant, chefs, inisiator food festival, pemerintah daerah, penyedia transportasi, akademisi, dan wisatawan lokal juga asing.

Ketiga, rekomendasi yang perlu diterapkan dan dilakukan okeh stakeholder untuk kemudian dilakukan penilaian kedua yang dijadwalkan awal agustus 2019.

Jika semua proses dilakukan dengan benar, maka Ubud dapat dinyatakan sebagai destinasi gastronomi protype UNWTO.

Selain itu, gastronomi mampu membuka lapangan kerja baru di Industri FnB (Food and Beverage) di samping juga sedang booming di dunia.

  • Tentang Penulis

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

  • Tentang Editor

    Syarif Hasan Salampessy

    Redaktur Puspem LPP RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00