• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Grand Smesco Hills Tampil dengan Wajah Baru

11 June
20:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) menampilkan wajah baru dari Grand Smesco Hills guna mengoptimalkan pusat sarana pendidikan dan pelatihan yang diperuntukkan bagi para pelaku Koperasi dan UMKM itu. Selain itu, untuk lebih meningkatkan kapasitas KUMKM, khususnya di bidang pemasaran.

“Sarana ini untuk kepentingan peningkatan kapasitas para pelaku Koperasi dan UMKM. Selain itu, dapat dimanfaatkan juga untuk masyarakat umum baik perorangan, lembaga ataupun perusahaan dalam penyelenggaraan event lainnya," ujar Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi di Bogor, Selasa (11/6/2019).

Wajah baru Grand Smesco Hills akan dikembangkan sebagai tujuan wisata dan penginapan bagi warga Jakarta dan sekitaranya. Pengembangan ini dijamin lebih profesional, sebab Smesco Indonesia yang diberi kepercayaan sebagai pengelola akan bekerja sama dengan pihak perusahaan perhotelan wisata. 

“Nah, ke depannya Smesco Indonesia akan menggandeng perusahaan dengan background hotel untuk bisa sama-sama memajukan dan memasarkan Grand Smesco Hills secara luas,” pungkas Emilia.

Selain kerja sama dengan perusahaan perhotelan, strategi lain yang dilakukan Smesco Indonesia untuk menjaring konsumen mulai dari memanfaatkan waktu liburan, optimalkan pemasaran online seperti melalui Traveloka, maupun cobranding Grand Smesco Hills dengan operator yang sudah mempunyai nama besar. 

“Kalau Grand Smesco Hills ini menghasilkan dari sisi pendapatan, maka akan meningkatkan PNBP sehingga bisa lebih mandiri,” katanya.

Grand Smesco Hills berdiri di lahan seluas 11,7 hektare di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Berbagai fasilitas utama disiapkan di dalam gedung ini guna mendukung berlangsungnya proses pendidikan dan pelatihan. Terdiri dari lima bangunan di antaranya gedung pertemuan tiga lantai yang mampu menampung 2.000 orang.

Selain itu, gedung pelatihan yang dilengkapi ruang pertemuan, ruang istirahat, akses wi-fi, dan fasilitas pendukung. Kemudian ada gedung asrama dengan pelayanan dan fasilitas setara hotel bintang tiga, sarana olahraga, kantin, parkir serta fasilitas pendukung lainnya. 

Pembangunan gedung ini untuk kepentingan peningkatan kapasitas para pelaku Koperasi dan UMKM. Untuk lebih efektif memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi para pelaku Koperasi dan UMKM, maka Kementerian Koperasi dan UKM mempercayakan kepada LLP-KUKM atau Smesco Indonesia sebagai pengelola.

Sebagaimana diketahui bahwa LLP-KUKM atau Smesco Indonesia merupakan Badan Layanan Umum (BLU) Kemenkop dan UKM yang memiliki fungsi diantaranya melaksanakan layanan kepada Koperasi dan UKM di bidang konsultasi pemasaran, inkubasi pemasaran dan peningkatan kemampuan manajemen dan teknik pemasaran.

“Setelah mengikuti pelatihan kita harapkan kapasitas usaha mereka dapat meningkat dari skala mikro menjadi kecil, dari skala kecil menjadi menengah dan dari skala menengah menjadi besar," ujar dia.

Menurut dia salah satu konsep pengembangan KUKM adalah membuka akses pelatihan bagi SDM agar terjadi peningkatan produktivitas di dalamnya. Oleh karena itu keberadaan Grand Smesco Hills diharapkan Emilia bisa menjadi wadah untuk membuka akses pelatihan bagi SDM KUKM. 

"Kita berharap sarana ini menjadi pusat pelatihan bagi SDM KUKM kita sehingga eksistensi mereka semakin kuat," katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00