• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Divonis 12 Tahun Oleh MA, Mantan Bupati Kotabaru Ajukan PK

11 June
18:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banjarmasin : Mantan Bupati Kotabaru Irhamni Rijani yang telah divonis oleh Mahkamah Agung dengan hukuman selama 12 tahun penjara, akhirnya mengajukan peninjauan kembali atau PK atas kasus yang menimpanya.

Dihadapan majelis hakim yang diketuai oleh Yusuf Pranowo SH, kuasa hukum terpidana Irhamni Iijani yakni Hendra Karianga SH pada intinya mengajukan novum atau bukti baru atas kasus yang menimpa mantan Bupati Kotabaru periode 2010 - 2015, pengajuan PK ini sendiri setelah Mahkamah Agung menjatuhkan vonis selama 12 tahun penjara dan denda Rp500 juta, bila tidak dapat membayuar maka kurungannya bertambah selama delapan bulan, serta membayar uang pengganti sebesar Rp17.846.656.500,- dan bila tidak dapat membayar maka dipidana selama lima tahun.

Usai sidang kuasa hukum terpidana hendra karianga sh kepada awak media menyatakan. Bahwa adanya perjanjian antara terpidana dengan pt. Indocement tunggal perkasa tbk beberapa tahun silam ia dikatakan sah.

“Tentunya putusan perdata majelis hakim tersebut punya kekuatan hukum yang harus dapat menjadi pertimbangan dalam pengajukan PK ini, sebab putusan perdata Pengadilan Negeri Kotabaru lebih dahulu dibandingkan dengan perkara pidananya,” kata Hendra Karianga SH.

Sementara itu Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Kotabaru Armein Ramdhani mengatakan, tentu pihaknya menghormati secara profesional langkah hukum yang diambil oleh terpidana, dan pihaknya telah meminta waktu kepada majelis hakim selama dua minggu untuk menjawab PK yang diajukan oleh mantan Bupati Kotabaru tersebut.

“Telah meminta waktu kepada majelis hakim dua minggu atas PK yang diajukan ini,” kata Aremin.

Pada putusan pertama di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Banjarmasin, mantan bupati Irhamni Rijani hanya divonis selama empat tahun denda  Rp200 juta subsider 2 bulan kurungan penjara, namun ketika jaksa mengajukan kasasi ke Mahmakah Agung ternyata hukuman bertambah menjadi 12 tahun kurungan penjara. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00