• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Sultra Tetapkan 36 Tersangka Pelaku Kerusuhan di Buton

11 June
15:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendari : Sebanyak 36 orang dari 82 orang yang ditangkap polisi dalam kasus kerusuhan antara warga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya Kabupaten Buton, kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Irianto menegaskan, penetapan tersangka terhadap 36 orang tersebut, setelah menjalani pemeriksaan intensif oleh jajaran Reserse Kriminal Polda Sultra.

“Di Buton sekarang sudah aman, sudah aman. Kami sudah tetapkan 36 tersangka atas peristiwa kerusuhan itu. untuk peran masing-masing dari 36 orang tersangka itu, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tegas Kapolda Sultra, Selasa (11/6/2019).

Selain itu, polisi juga masih mencari aktor intelektual, penggerak dan pelaksana di lapangan sehingga terjadi pembakaran puluhan rumah warga dan mengakibatkan dua warga meninggal dunia.

Kondisi terakhir di desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya Kabupaten Buton, kini berangsur aman dan kondusif, sedangkan 46 warga yang sudah diperiksa dan dinyatakan tidak bersalah, sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Kapolda menambahkan, meski kondisi keamanan di desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya Kabupaten Buton berangsur pulih dan kondusif,  namun warga diminta tetap berkomitmen untuk menjaga situasi keamanan didaerah itu.

Saat ini polisi dan TNI sedang melakukan upaya pembersihan puing-puing bangunan 87 unit rumah yang hangus terbakar saat peristiwa kerusuhan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00