• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Sako Baru Palembang Rusak Parah Sudah Tak Layak Dilalui

11 June
15:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palembang : Kondisi ruas jalan Sako Baru Kota Palembang sepanjang sekitar 800 Meter rusak parah. Pantauan RRI, pasca hujan deras, Selasa (11/6/2019), kondisinya semakin mengkhawatirkan.

Apalagi jalan ini merupakan salah satu jalan alternatif untuk memangkas waktu menuju kawasan Perumnas-Sako dari arah persimpangan Noerdin M. Pandji, sehingga sering dilalui warga baik menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Selain itu, truk pengangkut barang juga sering melintas di jalan ini semakin memperparah kondisinya.

Meski tak layak dilalui, tampaknya warga terpaksa melintasinya. Waktu yang seharusnya bisa singkat terasa lebih lama karena kendaraan melaju dengan kecepatan rendah menghindari lobang-lobang di jalan yang menganga sudah seperti kubangan kerbau apalagi setelah hujan deras.

“Kadang kesal, marah setiap kali melintas disni. Saya sudah tiga tahun tinggal di sekitar sini belum sama sekali diperbaiki,” ujar seorang warga sekitar, Rusli.

Dari persimpangan jalan Noerdin M. Pandji memasuki jalan Sako Baru, kerusakan sudah mulai terlihat. Menjelang petang pada hari kerja, volume kendaraan pun bertambah dan tak ayal kemacetan terjadi karena antrean kendaraan dari berbagai arah, termasuk dari jalan Sako Baru.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Fahmi yang menurutnya pernah dilakukan perbaikan akan tetapi tidak begitu maksimal.

“Sudah sangat parah, apalagi kalau malam disini rawan kriminal. Dulu pernah diperbaiki tapi cuma diisi pasir batu (sertu), ya tidak lama rusak lagi,” bebernya.

Selain berlubang dengan lebar bervariasi bahkan ada yang lebarnya setengah badan jalan dan kedalaman sekitar 20 cm, kondisi jalan juga bergelombang. Di kanan-kiri sepanjang jalan tersebut selain ada beberapa jalan kecil untuk masuk ke kawasan lainnya dan rumah toko (Ruko), juga terdapat beberapa gudang yang pada waktu tertentu terpantau keluar masuk kendaraan berat.

Jalan Sako Baru bukan satu-satunya jalan yang sudah seharusnya diperbaiki di kota Palembang, masih ada sejumlah jalan lainnya seperti jalan di kawasan Gandus dan Celentang.

Terkait perbaikan jalan di Kota Palembang, dijelaskan oleh Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ahmad Bastari, pemerintah menargetkan perbaikan akan direalisasi pada akhir bulan Mei dan awal bulan Juni 2019. Untuk itu ia mengungkapkan, diharapkan masyarakat Palembang dapat bersabar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00