• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Ahmad Dhani Divonis Satu Tahun Penjara

11 June
13:45 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Musisi Ahmad Dhani Prasetyo dijatuhi hukuman satu tahun penjara, pada sidang putusan vonis di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, atas kasus ujaran kebencian pada 2018 lalu di Surabaya. 

Putusan ini, lebih ringan 6 bulan, dari tuntutan Jaksa, yakni menuntut Dhani satu tahun 6 bulan penjara. 

Ketua Majelis Hakim, R. Anton Widyopriyono menyatakan, Ahmad Dhani Prasetyo bersalah, dengan sengaja mengutarakan kata kata "idiot" kepada sekelompok orang, yang melaporkannya.

"Dengan ini, menyatakan bahwa menjatuhkan pidana selama satu tahun penjara, kepada terdakwa Ahmad Dhani," ujar R. Anton, Selasa (11/6/2019).

Setidaknya, ada beberapa faktor yang meringankan hukuman terdakwah, yakni terdakwa kooperatif dan sopan, selama peraidangan. Sedangkan yang memberatkan, terdakwa tidak menyesali perbuatannya, membuat saksi merasa terhina. 

"Sebagai calon anggota legislatif, seharusnya memberi contoh yang patut," imbuhnya. 

Ahmad Dhani Prasetyo terjerat kasus hukum, akibat mengucapkan kata "idiot", pada hari Minggu 26 Agustus 2019 di Hotel Majapahit, saat aksi gerakan #2019GantiPresiden. Bahkan ucapan Dhani, disebar melalui media sosial. 

Hingga akhirnya, ada sekelompok masyarakat yang merasa terhina atas ucapan Dhani tersebut, kemudian melaporkan kasua ini ke Polda Jatim. Dimana penyidik menyatakan berkas perkara Dhani lengkap, lalu diserahkan Kejaksaan, dan disidang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00