• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Jokowi Disarankan Undang Prabowo Bersama Para Tokoh Nasional

11 June
11:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pakar Ilmu Politik dari Universitas Sriwijaya, Ardian Saptawan menilai calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto cenderung berhati-hati untuk melakukan pertemuan empat mata dengan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo. Utamanya sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk pemilu presiden (Pilpres). Sebagai Presiden, Jokowi pun disarankan mengundang Prabowo bersama para tokoh nasional lainnya.

Kehati-hatian itu menurut dia karena pada dasarnya, Prabowo sadar betul kalau dia punya banyak pendukung yang setiap saat harus dipompa semangatnya.

"Pendukungnya banyak dengan berbagai pemikiran. Makanya mereka harus hati-hati. Kalau mereka langsung bertemu, bagaimana dengan pendukungnya. Apakah ada yang suka ataupun tidak suka," katanya kepada Radio Republik Indonesia dalam sambungan telepon, Selasa (11/6/2019).

"Bagaimana dengan keadaan hukumnya, nanti seakan-akan tertabrak. Nah, disini yang mereka harus hati-hati," lanjutnya.

Untuk itu, kalaupun Jokowi ingin  bertemu dengan Prabowo sebelum putusan MK, maka menurut dia, pertemuan haruslah dikemas sedemikian rupa. Misalkan Jokowi mengundang para tokoh nasional, termasuk Prabowo dan tokoh-tokoh lainnya dalam sebuah pertemuan. 

"Ini yang kelihatan lebih elok. Ada Ketua MPR, DPR, kemudian tokoh-tokoh elit bangsa kita, negarawan dikumpulkan barangkali itu lebih cair dari pada mempertemukan mereka head to head begitu. Itu kurang elok bagi para pendukungnya," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00