• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Ditetapkan Tersangka Makar, Mantan Kapolda Metro Jaya Mangkir di Panggil Penyidik

10 June
16:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Setelah memeriksa sejumlah saksi-saksi dan setelah diadakan gelar perkara pada, Rabu 29 Mei lalu. Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan tersangka makar terhadap mantan Kapolda Metro Jaya (PMJ) Mohammad Sofyan Jacob.

“Kita telah melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan gelar perkara. Dari hasil gelar perkara statusnya kita naikkan menjadi tersangka. Dua hari ini dilakukan pemanggilan namun yang bersangkutan tidak dapat hadir, maka akan dilakukan pemanggilan selanjutnya" Kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan di PMJ, Senin (10/06/2019).

Pemanggilan pensiunan Jendral bintang tiga itu lanjut Argo, untuk pemeriksaan yang bersangkutan sebagai tersangka.

Argo menjelaskan, Muhammad Sofyan Jacob merupakan salah satu tokoh yang dilaporkan bersama sejumlah tokoh terlapor lainnya ke Mabes Polri dengan dugaan makar.

"Iya, dia yang dilaporkan secara bersama-sama dengan Egi Sudjana, Kivlan Zen dan lain-lain dalam 1 laporan (LP) ke Mabes Polri. Banyak terlapornya, M Sofyan Jacob salah satunya," jelasnya.

Ketika ditanya apa bukti makar yang dilakukan oleh yang bersangkutan? Argo menyebutkan dari ucapan dalam bentuk video. Namun Argo enggan membahas lebih jauh apakah didalam video itu dilakukan secara bersama-sama atau M Sofyan Jacob seorang diri.

“Bukti Sofyan Yacob makar ada ucapan dalam bentuk video. Tapi yang jelas penyidik yang lebih tahu, mereka sudah menetapkan nama, memeriksa saksi dan gelar perkara artinya sudah memenuhi unsur,” ungkapnya.

Komjen (Purn) Muhammad Sofyan Yacob dijerat dengan tindak pidana penyebaran berita bohong (hoax) dan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 pasal 14 dan atau pasal 15 tentang Keamanan Negara atau Makar.

“Dia dijerat pasal makar dan pemberitaan bohong,” tutup Argo. 

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Syarif Hasan Salampessy

    Redaktur Puspem LPP RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00