• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

BMKG Cilacap, Himbau Wisatawan Tidak Mandi di Pantai Selatan Jawa Tengah dan DIY

10 June
11:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi Cilacap, meminta kepada wisatawan yang mengunjungi pantai di selatan Jawa Tengah dan DIY untuk tidak mandi di pantai  hingga tanggal 12 Juni 2019. 

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meterologi Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan himbuan ini dilaksanakan akibat tinggi gelombang   antara empat meter di pantai, dan enam meter tinggi gelombang di samudra. 

Tinggi gelombang ini akibat adanya pola sirkulasi di utara ekuator, yang bergerak  dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-15 knot, sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.  

Selain itu menurut Teguh, gelombang tinggi ini tidak bisa diprediksi datangnya ke pantai, sehingga bisa mengakibatkan wisatawan yang mandi di laut atau pantai akan tergulung ombak tinggi. 

“Ini untuk wilayah perairan dan samudra sama- sama tinggi, antara empat- enam meter. Nah yang perlu diwaspadi karena saat ini libur Lebaran, banyak orang berwisata ke pantai. Untuk mandi sangat berbahaya termasuk di pantai, hingga tanggal 12 Juni 2019,” kata Teguh di Cilacap, Senin (10/6/2019).

Selain mandi di pantai, Teguh juga memperingatkan agar wisatawan sebaiknya tidak naik perahu yang biasanya disediakan oleh sejumlah nelayan pada saat liburan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00