• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Rafi, Relawan Pos Kesehatan Arus Balik: Membantu Masyarakat Itu Mulia

8 June
18:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Arus Balik Lebaran 2019 masih berlangsung. Otoritas keamanan dan kelancaran perjalanan memperkirakan arus balik para pemudik akan berlangsung hingga 10 Juni 2019.

Oleh karena itu, pergerakan pengguna Rest Area di Tol Jawa, khususnya Tol Cipali juga sedang padat. Mereka rata-rata pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan hendak pulang ke wilayah Jabodetabek.

Rest Area 101 B Tol Cipali Subang memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan membuka Posko Kesehatan, melalui Tim Kesehatan Kabupaten Subang sebanyak empat orang beserta petugas kesehatan Polri yang diperbantukan.

Selain mereka yang memang sudah ditugaskan dari Dinas Kesehatan setempat, turut pula empat orang relawan dari Pramuka Bhakti Husada. Anak-anak Praja Muda Karana tersebut diperbantukan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pengguna Rest Area 101 B.

Salah seorang anggota Pramuka bernama Rafi menuturkan, mereka baru hari pertama ini diterjunkan membantu Posko Kesehatan.

"Iya kami empat orang hari ini sampai besok, bekerja full sampai sore. Ini kali pertama kami diterjunkan ke sini," kata Rafi kepada RRI saat bertemu di Posko Kesehatan Dinkes Kabupaten Subang, Rest Area 101 B Tol Cipali Subang, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2019) sore.

Rafi lanjut menuturkan, rata-rata pemudik yang minta pelayanan kesehatan adalah yang mengendarai mobil pribadi. Keluhan para pemudik arus balik biasanya demam dan tidak enak badan, sampai pegal-pegal. Bahkan tak jarang lansia dan anak-anak juga minta layanan kesehatan. 

"Rata-rata keluhan sakit yang diakibatkan kecapean, karena perjalanan jauh ya. Dan kami berikan parasetamol sebagai pertolongan pertama, sekaligus mengimbau mereka untuk istirahat yang cukup sampai fit, baru melanjutkan perjalanan," sebut Rafi.

Menutup perbincangan, Rafi mengutarakan keinginannya untuk terus membantu Posko Kesehatan sampai selesainya arus balik.

"Saya ingin sampai selesai arus balik. Membantu masyarakat itu kan pekerjaan mulia," tandasnya.

Rafi, sosok remaja yang seharusnya jalan-jalan rekreasi bersama rekan-rekan seusianya, tapi memilih jadi petugas Pos Kesehatan untuk melayani masyarakat, dengan alasan yang cukup simple, bahwa membantu masyarakat itu mulia. Siapa berikutnya? (Foto: Jorike Fitri)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00