• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Liburan ke Carita? Jangan Lupa Berburu Otak-otak Ikan Tenggiri

7 June
16:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pandeglang : Musim libur lebaran seperti saat ini, Kabupaten Pandeglang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Soalnya, Pandeglang memiliki berbagai jenis destinasi wisata yang memanjakan mata.

Mulai dari wisata pegunungan, pantai, pemandian alami, hingga wisata buatan. Salah satu yang selalu memikat wisatawan, adalah kawasan Pantai Carita.

Pesisir pantai yang landai, ombak yang tenang, menjadi salah satu aspek pemikat wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Namun ada satu hal lain yang tak kalah memikat dari kawasan Pantai Carita. Apalagi kalau bukan soal kulinernya.

Otak-otak Ikan Tenggiri, menjadi salah satu makanan khas di Kabupaten Pandeglang. Dan wilayah Carita, dikenal sebagai produsen Otak-otak Ikan Tenggiri terbaik.

Salah satu yang menjajakan kuliner ini adalah Rumah Makan (RM) Lancar. Di sini, Otak-otak Ikan Tenggiri selalu diburu oleh wisatawan yang berkunjung. Terlebih saat musim liburan tiba. Dipastikan, rumah makan tersebut akan dipenuhi para pengunjung.

Wisatawan dapat menyantap Otak-otak Ikan Tenggiri di tempat, atau bisa membawanya sebagai buah tangan untuk keluarga atau orang tersayang.

Otak-otak memang lumrah dijumpai disejumlah daerah. Namun Otak-otak Ikan Tenggiri buatan RM Lancar ini, berbeda dengan otak-otak lain yang dijajakan.

Penyebabnya adalah, bahan dasar Ikan Tenggiri pada otak-otak RM Lancar, mempunyai proporsi yang lebih banyak. Sedangkan penjual lain, tidak sedikit yang menggantinya dengan ikan jenis lain seperti Belida atau Sapu-sapu.

Tak heran RM Lancar menjadi salah satu top kuliner yang harus dikunjungi saat berlibur ke Pandeglang versi @pesonatravel_id. Sebuah akun Media Sosial milik Kementerian Pariwisata yang kerap merekomendasikan destinasi maupun kuliner yang ada di Indonesia.

Pengelola RM Lancar, Akew mengutarakan, musim liburan seperti saat ini, pihaknya kerap kewalahan dalam melayani tamu. Mereka kebanyakan memesan Otak-otak dalam jumlah yang cukup banyak untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau cemilan di perjalanan pulang.

"Dalam sehari, kita bisa menghabiskan sekitar 2.000 sampai 3.000 bungkus otak-otak," ujarnya yang tengah sibuk melayani pengunjung, Jumat (7/6/2019).

Dia menceritakan, Otak-otak Ikan Tenggiri paling banyak diminati oleh wisatawan dari luar Pandeglang.

"Biasanya yang beli itu wisatawan dari Jakarta atau sekitarnya," katanya.

Anda yang tengah berkunjung ke kawasan Pantai Carita, disarankan untuk meluangkan waktu mencicipi kuliner khas Pandeglang ini. Selain Otak-otak Ikan Tenggiri, Rumah Makan ini juga menyajikan sejumlah menu laut lainnya seperti ikan bakar dan cumi bakar.

Letak RM Lancar tak jauh dari pesisir Pantai Carita. Hanya sekitar lima kilometer dari Lippo Carita atau 100 meter dari simpang tiga Caringin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00